Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konversi Vespa PX Bertenaga Listrik Telan Dana Puluhan Juta Rupiah

Kompas.com - 04/01/2021, 17:41 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah sudah mengeluarkan regulasi mengenai konversi motor bensin ke listrik. Adanya peraturan ini diharapkan membuat tren elektrifikasi cepat menyebar.

Namun sebelum peraturan tersebut disahkan pada 2020, Kompas.com sudah menjumpai sejumlah pegiat motor listrik yang mengubah motornya dari mesin bensin ke tenaga listrik.

Baca juga: Konversi Motor Listrik 200cc ke Atas Belum Diatur, Ini Alasannya

Vespa ListrikKOMPAS.com/Gilang Vespa Listrik

Salah satunya ialah Vespa PX warna orange milik Wahyu Ardianto. Skuter jadul itu pertama kali ditemui di pameran Hari Listrik Nasional (HLN) ke-74, Oktober 2019.

Mesin Vespa PX standar berjenis 2-tak itu sudah diganti motor listrik tipe hub BLDC buatan QS Motor berkapasitas 3kW. Proses pengerjaannya diserahkan ke bengkel Petrik Bike.

Dinamo motor tersebut disandingkan kontroler “Kelly” berspesifikasi 3kW 120A 72 Volt dan untuk baterai dipilih produk Chillwee black gold series 72 Volt 35A.

Baca juga: Aturan Konversi Motor Listrik Mempersulit Bengkel UMKM

Vespa ListrikKOMPAS.com/Gilang Vespa Listrik

Wahyu mengatakan, biaya konversi Vespa listriknya mencapai Rp 20 jutaan. Angka tersebut belum termasuk baterai dan harga Vespanya. Itu pun belum selesai sebab Wahyu berencana memakai baterai yang lebih besar.

"Motor belum di updated yang Vespa orange, baterai sudah ada tapi belum cukup besar, tetapi sudah bisa untuk ngacir di lampu merah, hahahaha," kata Wahyu kepada Kompas.com, Senin (4/1/2020).

Impian Wahyu ialah Vespa listriknya bisa mengalahkan Vespa kelas standar di drag race motor bensin. Supaya image kendaraan listrik yang jalannya pelan bisa hilang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com