Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Akali Baterai Motor Listrik untuk Perpanjang Usia Pakai

Kompas.com - 16/12/2020, 17:01 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - "Ngecit" atau cheat biasanya berlaku di permainan video game. Tapi rupanya juga bisa diterapkan pada sepeda motor listrik untuk memperpanjang usia pakai baterai.

Hendro Sutono dari Komunitas Motor Listrik (Kosmik) mengatakan, setiap baterai punya usia pakai (life cycle) maka ngecit yang dimaksud untuk mengakali usia baterai, terutama baterai lithium ion.

Baca juga: Begini Rasanya Tunggangi Motor Listrik Rakitan Indonesia, United T1800

"Satu kali cycle itu ialah satu kali charging dan dipakai. Daya tahan baterai itu tergantung cycle-nya. Baterai lithium bisa sampai 1.000 kali cycle, artinya seribu kali charging dan dipakai," kata Hendro kepada Kompas.com, Minggu (13/12/2020).

Motor listrik GrabBike dengan Viar Q1Grab Motor listrik GrabBike dengan Viar Q1

Hendro mengatakan, karakter baterai lithium ion bisa diisi daya kapan saja. Malah baterai sebaiknya dicas sebelum kosong. Karena jika sering dicas saat kosong cepat membuat baterai bocor.

Untuk itu kata Hendro, untuk memperpanjang usia pakai baterai lithium ion ialah sering mengisi sebelum kosong. Bahkan sebaiknya mengisi daya alias charging saat baterai masih 80 persen.

"Lithium punya karakter seperti itu. Jadi kalau kita misalkan pakai sebelum 80 persen dan kemudian kita cas lagi, itu cycle-nya bisa kita ngecit. Istilahnya curi, jadi cycle-nya itu tidak dihitung," katanya.

Baca juga: Baru, Gesits Trike Buat Difabel

Motor listrik United T1800Foto: APHIT McKlein Motor listrik United T1800

"Jadi kita pakai sebelum sampai 80 persen kemudian kita cas ulang. Jadi begitu dayanya naik lagi, kita bilangnya cheating cycle. Karena tidak masuk hitungan usia pakainya," kata Hendro.

Karena itu kata Hendro, banyak rekannya di komunitas mencari baterai dengan daya yang besar. Kemudian menghitung berapa jarak harian yang dipakai supaya bisa dicas sebelum terhitung masa pakai.

"Makanya teman-teman berusaha membuat baterainya sebesar mungkin. Agar jarak tempuh yang biasa digunakan sehari-hari tidak sampai menyentuh cycle, sehingga ketika dicas lagi usianya bertambah," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com