Kompas.com - 16/12/2020, 09:42 WIB
Gesits trike tambahan buat difabel KOMPAS.com/GilangGesits trike tambahan buat difabel

JAKARTA, KOMPAS.com - Gesits terus berinovasi. Melalui dealer Gesits Sukses Makmur (GSM), motor listrik merek lokal itu menawarkan motor roda tiga atau trike untuk keperluan difabel.

Sebelumnya GSM juga membuat motor dengan tambahan sespan atau sidecar. Kemudian mendirikan divisi custom, agar konsumen bisa bebas memilih warna motor kesukaannya.

Ray Goller, Divisi Custom GSM Sub Dealer Gesits Bali Pratama (GBP), mengatakan, keunggulan trike ini bersifat knock down dan tidak perlu mengubah struktur asli motor.

Baca juga: Gesits Sespan Dijual Rp 55 Juta

Ray Goller inisiator Gesits trike tambahan buat difabelKOMPAS.com/Gilang Ray Goller inisiator Gesits trike tambahan buat difabel

"Dengan alat bantu yang saya bikin ini tidak butuh modifikasi yang ekstrem. Hanya dengan empat baut sudah bisa ditambahkan," katanya kepada Kompas.com, di Jakarta, Selasa (15/12/2020).

Trike dengan sistem lepas pasang ini terinspirasi saat Ray melancong ke negara tetangga termasuk Thailand. Banyak motor yang memakai sistem serupa untuk kebutuhan khusus.

"Di sini saya lihat banyak yang bikin motor roda tiga untuk difabel tapi dipotong-potong. Sehingga seandainya mau dijual lagi jadi kendala mesti dibalikin ke standar. Kalau ini tinggal buka baut sudah standar," katanya.

Kontruksi trike tambahan ini terdiri dari dua ban. Sehingga dengan motor jumlah bannya jadi empat. Masing-masing roda di trike menggunakan dua suspensi agar kuat membawa beban.

Baca juga: Gesits Klaim Bisa Terabas Air Setinggi 70 cm

Ray Goller inisiator Gesits trike tambahan buat difabelKOMPAS.com/Gilang Ray Goller inisiator Gesits trike tambahan buat difabel

"Pipanya menggunakan pipa besi ketebalan 3 mm, suspensi ini semua atermaket. Ini prototipe dulu. Di bagian belakang itu buat menaruh kursi roda, atau kalau UKM mau bisa buat tempat lainnya," katanya.

Trike ini dibanderol sekitar Rp 7,5 dan bisa dijual terpisah. Jika ingin satu paket dengan motor tinggal ditambah. Harga Gesits saat ini Rp 27,5 juta sehingga dengan trike menjadi Rp 35 juta.

"Buat yang tertarik bisa pesan ke kita (GSM). Kita juga bisa sesuaikan lagi. Kenapa, karena banyak teman-teman difabel kasusnya lain-lain, jadi masih bisa disetel sesuai kebutuhan," kata Ray.

 



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X