Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penjualan Mobil Murah Turun di Oktober 2020, Brio Satya Masih Terlaris

Kompas.com - 25/11/2020, 08:12 WIB
Ruly Kurniawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil murah hemat energi alias low cost green car (LCGC) masih menjadi salah satu pilihan utama warga Indonesia dalam memiliki kendaraan roda empat pribadi seiring dengan keterjangkauannya.

Hal ini terbukti dari kinerja penjualan golongan mobil tersebut yang masih menguasai 23 persen dari total pasar nasional selama periode Oktober 2020, yakni sebanyak 11.236 unit.

Kendati demikian, menurut data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) secara volume pencapaian penjualan LCGC secara bulanan mengalami penurunan sebesar 18,7 persen dari September 2020.

Baca juga: Suzuki Klaim XL7 Jadi Stimulus di Pasar SUV Murah

Peluncuran Daihatsu Ayla dan Sirion terbaru, Kamis (19/3/2020) dilakukan melalui live streaming akibat penyebaran virus Corona. Pembaruan di kedua model terbilang minim namun diharapkan dapat memacu pasar LCGC dan Hatchback yang melambat akibat kondisi ekonomi dan global. Foto : ADMADM Peluncuran Daihatsu Ayla dan Sirion terbaru, Kamis (19/3/2020) dilakukan melalui live streaming akibat penyebaran virus Corona. Pembaruan di kedua model terbilang minim namun diharapkan dapat memacu pasar LCGC dan Hatchback yang melambat akibat kondisi ekonomi dan global. Foto : ADM

"Adapun penjualan wholesales di pasar domestik pada Oktober 2020 mencapai 49,043 unit, naik sekitar 1 persen dari bulan sebelumnya. Kalau penjualan retail naik 6,4 persen menjadi 46.129 unit," kata Kukuh Kumara, Sekertaris Umum Gaikindo belum lama ini.

Berdasarkan data sama, Honda Brio Satya masih menjadi LCGC dengan penjualan terbanyak dengan capaian 3.704 unit, naik sekitar 200 unit dari bulan sebelumnya.

Walau dibanding tahun lalu masih selisih jauh, tapi keputusan menunda kenaikkan harga jual mobil di tengah pandemi cukup sukses membuat penjualan Brio Satya kembali melesat usai Kuartal II/2020.

Tepat berada di bawahnya ada Toyota Calya dengan total penjualan sebanyak 2.537 unit. Penurunan dari performa di September 2020 sekitar 500 unit membuat selisih mobil kapasitas 7-penumpang ini makin jauh untuk mencapai posisi teratas.

Baca juga: Kenapa Kursi di Bus Ekonomi Sumatera Memakai Susunan 2-2?

Model lama dari Toyota Calya dan Daihatsu SigraIstimewa Model lama dari Toyota Calya dan Daihatsu Sigra

Pada posisi ketiga ada Toyota Agya dengan total penjualan 1.909 unit, diikuti oleh Daihatsu Sigra yang berhasil menjual 1.897 unit. Sigra terpaksa turun tiga peringkat dari bulan lalu usai turun secara signifikan 39 persen.

Posisi terakhir masih ditempati oleh LCGC dengan harga jual termurah, Suzuki Karimun Wagon R dengan jumlah penjualan 186 unit. Capaian tersebut juga turun dari bulan sebelumnya, 218 unit.

Berikut penjualan wholesales LCGC terlaris per Oktober 2020:

1. Honda Brio Satya 3.704 unit
2. Toyota Calya 2.537 unit
3. Toyota Agya 1.909 unit
4. Daihatsu Sigra 1.897 unit
5. Daihatsu Ayla 1.006 unit
6. Suzuki Karimun Wagon R 186 unit

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com