Suzuki Klaim XL7 Jadi Stimulus di Pasar SUV Murah

Kompas.com - 24/11/2020, 08:22 WIB
SUV murah Suzuki XL7 KOMPAS.COM/STANLY RAVELSUV murah Suzuki XL7
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski baru meluncur pada Februari 2020, namun sepak terjang Suzuki XL7 yang bermain di segmen low sport utility vehicle (LSUV) alias SUV murah, patut diperhitungkan.

Pasalnya, walau masih seumur jagung, namun XL7 diklaim berhasil menorehkan kontribusi positif baik untuk penjualan nasional Suzuki maupun di segmen LSUV.

Berdasarkan data, sejak meluncur hingga Oktober, XL7 berkontribusi 12 persen dengan penjualan 7.405 unit untuk wholesales SUV murah yang total penjualannya mencapai 62.024 unit. Sementara untuk Suzuki sendiri, kontribusi XL7 sebesar 15 persen untuk wholesales dan 11 persen untuk ritel.

Baca juga: Xpander Cross dan XL7 Saling Sikut, Ini Penjualan Low SUV Oktober 2020

Direktur Pemasaran 4 Roda PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Donny Saputra mengatakan, kehadiran XL7 menjadi salah satu stiumulus pasar otomotif yang menghadirkan semakin banyak pilihan untuk konsumen.

"Selain menyegarkan di segmennya, XL7 terbukti berhasil menjadi stimulus karena mampu berkontribusi 12 persen terhadap penjualan segmen medium SUV," ucap Donny dalam keterangan resminya, Senin (23/11/2020).

Suzuki XL7 rajai penjualan Low SUV pada Juli 2020SIS Suzuki XL7 rajai penjualan Low SUV pada Juli 2020

Menurut Donny, kehadiran XL7 yang langsung mendapat sambutan positif tak lepad dari tampilannya dan fitur-fitur yang dimiliki. Salah satunya adalah Smart E-Mirror yang menjadi fitur pertama di segmennya.

Fitur tersebut berfungsi berfungsi sebagai kaca spion digital yang dibekali dua kamera yang terletak di spion tengah dan di belakang mobil. Kegunaannya layaknya dashcam, spion pintar tersebut juga dapat merekam aktivitas mobil, menangkap momen tak terduga, serta meningkatkan kemampuan berkendara dan memarkiran kendaraan.

Baca juga: Penjualan Suzuki Diklaim Stabil, Andalkan Carry Pikap

Tak hanya itu, XL7 dilengkapi pedestrian protection, audio system touch screen 8 inch, ventilated cup holder, serta tampilan Multi Information Display (MID) yang modern.

Untuk lebih merangsang pasar jelang akhir tahun, Suzuki juga menawarkan iPhone 11 64 GB untuk pembelian XL7 Alpha atau iPad Pro Gen 3 wifi+ Cell 64 GB untuk unit Beta dan Zeta, kredit nol persen, uang muka Rp 20 jutaan, cashback Rp 4 juta untuk tukar tambah via AutoValue, dan gratis Suzuki Insurance selama 1 tahun.

Klasemen Oktober

Berdasarkan data yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikondo), secara umum untuk wholesales pada Oktober masih dikuasai oleh pemain lama, yakni Toyota Rush dengan jumlah 3.277 unit.

Sementara posisi kedua oleh saudara kembarnya, yakni Daihatsu Terios dengan jumlah 1.138 unit. Jumlah ini menurun dibandingkan pencapaian di bulan sebelumnya yang terjual 1.514 unit.

Baca juga: Tangki Bahan Bakar Bermasalah, Toyota Supra dan BMW Z4 Di-recall

Persaingan Low SUV, antara Honda BR-V dan Toyota RushGridOto.com Persaingan Low SUV, antara Honda BR-V dan Toyota Rush

XL7 sendiri berada diurutan ketiga dengan pencapaian 567 unit. Namun bila Mitsubishi Xpander Cross dimasukan ke segmen ini, maka XL7 bergeser ke posisi empat karena Xpander Cross meraih penjualan sebanyak 846 unit.

Posisi terbawah ditempati oleh Honda BR-V dengan penjualan 46 unit dan total wholesales sepanjang Januari-Oktober hanya 1.218 unit.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X