Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bahaya Parkir Dengan Memasukkan Gigi pada Mobil Manual

Kompas.com - 29/10/2020, 11:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Kebiasaan memasukkan gigi pada mobil transmisi manual saat sedang parkir merupakan hal yang sering dilakukan sebagian orang. Mereka sebenarnya tidak tahu apakah aman untuk melakukan hal tersebut.

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia, Sony Susmana mengatakan, parkir memang harus di alas yang rata, bukan di turunan atau tanjakan dan tidak paralel dengan tujuan mobil tidak bergerak dan cukup memfungsikan rem tangan.

“Tapi kadang space yang minim dan kebiasaan dari pengemudi parkir di area yang kurang layak, diasumsikanlah adanya pengaman ekstra dengan memasukkan gigi satu atau mundur jika parkir di tanjakan atau turunan,” ucap Sony kepada Kompas.com, Rabu (28/10/2020).

Baca juga: Suzuki Kecewa Marc Marquez Tidak Bisa Menantangnya Musim Ini

Ilustrasi penitipan dan parkir mobil di bandara.airportparkingreservations.com Ilustrasi penitipan dan parkir mobil di bandara.

Memasukkan gigi saat parkir sebenarnya tidak disarankan, karena ada kencenderungan kendaraan lompat saat mesin dinyalakan, membuat rawan menabrak. Apalagi parkir di turunan atau tanjakan kendaraan lebih rawan bergerak di luar kendali.

Sony mengatakan, bahaya dari parkir dengan memasukkan gigi lebih kepada gigi yang rusak. Begitu juga yang dikatakan Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak, Suparna. Suparna mengatakan, komponen gigi motor dan flywheel bisa jadi korbannya.

“Kalau lupa menetralkan atau injak kopling saat mau menyalakan mesin, akan merusak gigi motor dan gigi flywheel. Saat starter mesin gigi transmisi dalam posisi masuk, gigi motor starter bisa rompal karena menahan beban berlebih,” ucap Suparna kepada Kompas.com.

Baca juga: Bahas GPX Rock, Motor Bebek Pabrikan China yang Mirip Honda Kirana

Ada juga bahaya lainnya, misalnya saat terjadi eror dimana kendaraan bisa starter sendiri (ada kerusakan di wiring). Maka kendaraan yang gigi transmisinya masuk, akan berjalan tanpa ada yang mengendalikan.

“Berbeda kasusnya jika parkir dalam posisi gigi netral. Walaupun menyala sendiri, kendaraan akan tetap diam karena posisi giginya netral,” kata dia.

Jadi untuk mobil manual, jika parkir lebih aman transmisinya dalam posisi netral, kemudian gunakan rem tangan. Jika rem tangan sudah melemah, bisa dibantu dengan mengganjal roda kendaraan, bukan memasukkan gigi transmisi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com