Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Parkir dengan Posisi Ban Depan Tak Lurus, Power Steering Bisa Rusak?

Kompas.com - 27/10/2020, 13:21 WIB
Gilang Satria,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Anggapan saat parkir ban mobil harus lurus supaya tidak merusak power steering rupanya tidak sepenuhnya benar. Terutama untuk mobil-mobil keluaran terbaru.

Head Product Improvement/EDER Dept Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor ( ADM) Bambang Supriadi mengatakan, posisi ban tidak berpenaruh pada mobil yang telah menganut electric power steering (EPS).

Baca juga: Tanda-tanda Fuel Pump Motor Injeksi Mulai Melemah

Empat komponen, Electronic Power Steering (EPS), yaitu 1. EPS control unit. 2. EPS motor and resolver. 3. Reduction gear. 4. Torque sensor.autoserviceprofessional.com Empat komponen, Electronic Power Steering (EPS), yaitu 1. EPS control unit. 2. EPS motor and resolver. 3. Reduction gear. 4. Torque sensor.

"Parkir dengan posisi ban lurus atau miring tidak akan ada pengaruhnya untuk mobil-mobil keluaran saat ini. Hal ini karena mobil tersebut sudah menganut electric power steering ( EPS),” katanya kepada Kompas.com, belum lama ini.

Bambang menjelaskan, EPS bekerja mengandalkan motor elektronik untuk memberi tekanan pada rack steer. Motor elektrik tersebut mendapat tenaga dari perintah ECU.

Sedangkan pada power steering hidrolik, kata Bambang, sistem kerjanya masih mengandalkan oli dan ban harus dalam keadaan lurus saat parkir. Jika tidak, maka saat setir diputar akan terasa berat.

Baca juga: Ini Alasan Isi Bensin di SPBU Harus Matikan Mesin

Power steering hidraulik.toyotazone.co.za Power steering hidraulik.

EPS bekerja mengikuti perputaran mesin, ketika mobil hidup atau dalam posisi menyala. Sangat berbeda dibandingkan mobil keluaran lawas yang masih menggunakan power steering hidrolik.

"Jadi tidak ada pengaruhnya parkir dengan ban lurus atau miring, karena saat mesin mati tidak ada penyaluran tenaga ke ECU atau perangkat elektrikal lainnya," katanya Bambang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com