Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nyaris Rp 500 jutaan, Ini Beda Pasar Kijang Innova dengan Voxy

Kompas.com - 20/10/2020, 15:41 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Toyota Astra Motor (TAM) baru saja meluncurkan Kijang Innova facelift pada 15 Oktober yang lalu. MPV ladder frame ini mendapat pembaruan di eksterior, interior, dan penambahan beberapa fitur baru.

Kijang Innova facelift memiliki banderol Rp 337,6 juta untuk varian terendah tipe 2.0 G M/T Bensin, sampai Rp 495,7 juta untuk varian tertinggi Venturer 2.4 A/T Diesel.

Melihat harganya yang nyaris menyentuh Rp 500 jutaan, membuat varian tertinggi Kijang Innova hanya terpaut tipis dari Toyota Voxy yang saat ini dihargai Rp 501,8 juta untuk varian 2.0 A/T.

Baca juga: Bocoran Harga Daihatsu Rocky, Meluncur Tahun Depan?

Tampilan Toyota Kijang Innova terbaru.Kompas.com/Dio Tampilan Toyota Kijang Innova terbaru.

Sama-sama mengisi segmen medium MPV, membuat keduanya hanya terpaut Rp 5,3 juta. Lantas apa yang membedakan Kijang Innova dan Voxy?

Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran PT TAM, mengatakan, pihaknya berusaha menjawab kebutuhan konsumen dengan memberikan banyak pilihan.

“Bicara harga teratas dari Kijang Innova, sebenarnya membuat segmentasi mobil ini jadi luas,” ucap Anton, dalam konferensi virtual beberapa waktu lalu.

Baca juga: Jangan Mau Ditipu, Pahami Dulu Proses Coating

Toyota Voxy meluncur di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS),  Kamis (10/8/2017).Febri Ardani/otomania.com Toyota Voxy meluncur di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS), Kamis (10/8/2017).

“Sebab penggunanya itu punya kebutuhan yang berbeda-beda pula. Tapi tidak akan saling bergesekan,” katanya.

Harga varian Venturer yang hampir menyentuh Rp 500 jutaan, sebetulnya sengaja ditempatkan untuk mengisi kekosongan antara Kijang Innova tipe V dan Fortuner.

Hal ini pula yang membuat Venturer dibuat lebih macho sekaligus premium. Namun kalau bicara volume penjualan, Anton mengatakan model ini tidak berkontribusi begitu banyak. Paling banyak tetap datang dari tipe G dan V.

Baca juga: Plus Minus Memilih Posisi Duduk di Bus Tingkat

Tampilan Kijang Innova terbaruTAM Tampilan Kijang Innova terbaru

Sementara jika dibandingkan dengan Voxy, meski harganya berselisih tipis, menurut Anton keduanya berada di segmen pasar yang berbeda.

“Dalam cakupan itu, ada beberapa konsumen yang overlapping. Jika mereka ingin mobil boxy, sliding door dan tidak masalah dengan ground clearance, larinya ke Voxy. Jadi berbeda kebutuhan dan segmen,” ujar Anton.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com