BMW R80 RT, Cafe Racer Berknalpot Scrambler

Kompas.com - 05/09/2020, 14:22 WIB
BMR R80 Cafe Racer BMR R80 Cafe Racer
|

GAUTING, KOMPAS.com - BMW R80 RT tahun 1985 ini tadinya mau dimodifikasi jadi bergaya scrambler. Tapi sang pemilik berubah pikiran dan kemudian minta dibuatkan cafe racer.

Meski akhirnya memilih cafe racer, sang pemilik tetap ingin knalpotnya seperti scrambler. Hal ini yang menjadi tantangan Moto Essence, bengkel asal Gauting, Jerman.

Baca juga: Ini Penyebab Karet Sokbreker Cepat Rusak

BMR R80 Cafe Racer BMR R80 Cafe Racer

Untuk mendapat proporsi yang diinginkan, Moto Essence cukup mengubah subframe. Sasis belakang diganti sasis bolt on punya Sport Evolution.

Tangki standar dipertahankan karena dianggap cocok dengan konsep. Setang bawaan yang tinggi diganti dengan model clip on. Lampu bulat besar membuatnya jadi terkesan vintage.

BMR R80 Cafe Racer BMR R80 Cafe Racer

Baca juga: AMMDes Hasil Inovasi Anak Bangsa, TKDN Capai 40 Persen

Kaki-kaki depan memakai rem teromol milik Laverda SFC-750. Pelek dan ban serasi memakai pelek Akrint Morad dibungkus ban Bridgestone BT45. Pola tapak bannya tidak terlalu modern dan masih ada kesan vintage.

BMR R80 Cafe Racer BMR R80 Cafe Racer

Sisanya hanya main detail, mulai dari saklar lampu, speedometer, footstep dibuat agar menonjolkan keindahan motor. Termasuk suspensi belakang hitam dari YSS.

Mesin standar diupgrade sehingga kini berkubikasi 1.104cc. Asupan udara dan bensin disuplai dari karburator Dell'Orto dengan filter K&N. Sistem pembuangan, dari header hingga knalpot, dibuat khusus oleh spesialis knalpot Jerman Hattech.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X