Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Strategi buat yang Pertama Kali Beli Mobil

Kompas.com - 26/08/2020, 17:21 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Gelar Indonesia Otomotif Online Festival (IOOF) 2020, yang berlangsung dari tanggal 25 Agustus hingga 29 Agustus mendatang, menawarkan berbagai diskon besar dari beberapa pabrikan yang turut ikut serta meramaikan acara tersebut.

Berbagi promo ditawarkan mulai dari free biaya administrasi kredit, potongan cicilan, hingga oli gratis selama satu tahun.

Bagi Anda yang ingin membeli upgrade kendaraan, terutama bagi yang baru ingin membeli mobil (first buyer) sebaiknya simak ini.

Executive Vice President, Consumer Loans Group PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, Ignatius Susatyo Wijoyo, mengatakan, ada beberapa faktor yang biasanya menjadi pertimbangan first buyer dalam memilih kendaraan.

Baca juga: Aksesoris Buat Ban Motor yang Bikin Tampilan Jadi Retro

“Biasanya mereka akan bingung memilih mobil baru atau bekas, lima dudukan atau tujuh dudukan, yang ground clearance-nya tinggi atau rendah. Sebab, banyak dari mereka yang belum paham kebutuhannya apa,” ujar Satyo disela-sela bincang IOOF 2020, Selasa (25/8/2020).

Hal yang utama tentunya harus memahami terlebih dahulu kendaraan seperti apa yang diinginkan dan dana yang berapa besar dana yang mereka miliki.

Ilustrasi mobil bekas (Dok. Shutterstock) Ilustrasi mobil bekas (Dok. Shutterstock)

Pria yang sudah berkecimpung di dunia pembiayaan otomotif selama 27 tahun ini menilai, 90 persen first buyer akan membeli kendaran secara kredit. Terutama bagi generasi Z yang masih memiliki pendapatan terbatas.

Lantas, bagaimana strategi keuangan yang baik untuk mereka yang ingin membeli kendaraan?

“Dalam membeli kendaraan itu ada istilah debt service ratio (DSR), yaitu perbandingan antara membayar cicilan dengan total pemasukannya. Mudahnya, sepertiga gaji 30 sampai 35 persen adalah maksimum biaya yang dikeluarkan mereka untuk membayar cicilan mobil. Tidak boleh lebih,” tutur Satyo.

Baca juga: Mengenang Suzuki Satria F115 Young Star

Di waktu yang bersamaan, PR and Digital Manger PT Honda Prospect Motor, Yulian Karfilli, mengatakan first buyer harus menentukan terlebih dahulu mobil seperti apa yang diinginkan dan pastinya sudah disesuaikan dengan kebutuhan mereka.

“Misalnya mobil kecil (city car) untuk pribadi, atau mobil keluarga. Setelah itu disesuaikan dengan dana yang dimiliki, baru diperhitungkan pembiayaanya seperti apa. Itu sebabnya fungsi perusahaan pembiayaan sangat penting untuk memudahkan calon konsumen membeli mobil,” katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com