Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Raize Juga Bakal Dijual Suzuki dengan Label B-Cross

Kompas.com - 13/08/2020, 07:02 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Suzuki dan Toyota telah menjalin kemitraan global dalam beberapa waktu terakhir. Kerja sama ini meliputi riset dan pengembangan produk-produk kendaraan kompak.

Dari kerja sama ini Suzuki akan mendapatkan teknologi hibrida untuk dipasarkan di seluruh dunia. Sementara Toyota, berhak me-rebadge mobil-mobil Suzuki untuk pasar India.

Belum lama ini kita sudah melihat Toyota Glanza yang merupakan Suzuki Baleno, kemudian ada Urban Cruiser yang mengambil basis Vitara Brezza. Di pasar Eropa, ada juga Suzuki A-Cross yang sejatinya merupakan RAV4 PHEV.

Baca juga: Kemenangan KTM di MotoGP Ternyata Sudah Setting-an

Render Suzuki B-Cross yang menjadi kembaran Toyota Raizerushlane.com Render Suzuki B-Cross yang menjadi kembaran Toyota Raize

Dilansir dari Rushlane, Toyota tampaknya akan membawa platform DNGA (Daihatsu New Global Architecture) yang sudah tersemat pada SUV kecil Raize ke India.

Toyota saat ini diketahui telah menjual Raize di Jepang dan ke depan akan menyasar beberapa negara lain di Asia.

Sementara Suzuki, lewat kemitraan strategis dengan Toyota, juga berencana akan memproduksi kendaraan dengan platform tersebut.

Baca juga: Suzuki Segera Luncurkan Mobil Murah Lagi di Indonesia

Toyota Raize resmi meluncur di Jepang Toyota Raize resmi meluncur di Jepang

Masih dari laporan Rushlane, mobil ini diprediksi akan diberi nama B-Cross yang akan menjadi pengganti Maruti S-Cross.

Mengusung sasis DNGA, SUV ini kemungkinan akan berukuran 4,3 meter dan akan bersaing langsung dengan Kia Sonet dan Nissan Magnite.

Secara tampilan, mobil ini akan mengusung bahasa desain yang kurang lebih hampir sama dengan Raize ataupun Daihatsu Rocky.

Baca juga: Antisipasi Dishub DKI bila Ganjil Genap Berlaku 24 Jam

Toyota Raize resmi meluncur di Jepang Toyota Raize resmi meluncur di Jepang

Spesialis Digital Rendering Kleber Silva, telah membayangkan dan merancang bagaimana SUV kecil ini menggunakan logo Suzuki. Hasilnya, mobil ini pun terlihat sangat identik dengan Raize.

Bicara soal mesin, tampaknya mesin 1.200 cc turbocharged dan transmisi CVT bawaan Raize akan dipakai. Namun khusus pasar India, mesin 1.500 cc diesel dan opsi transmisi manual bakal jadi alternatif.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com