Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lepas Pasang Aki Mobil Sendiri Bisa Sebabkan Sistem Elektronik Error

Kompas.com - 10/08/2020, 19:11 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comAki mobil sering kali tekor kalau tidak dirawat dengan baik. Kadang pemilik mobil memilih untuk membeli aki yang baru kemudian memasangnya sendiri di rumah, prosesnya pun cukup mudah untuk dilakukan.

Namun jika melakukan penggantian aki secara mandiri di rumah, ada efek yang terjadi pada mobil. Setidaknya bisa membuat memori audio dan jam di kabin harus disetel ulang.

Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak, Suparna mengatakan, mobil modern yang canggih jika diganti akinya secara mandiri, bisa membuat perangkat elektronik di mobilnya error.

Baca juga: Mulai Besok, Pelanggar Ganjil Genap Kena Tilang Rp 500.000

Ilustrasi pemasangan aki mobilKOMPAS.com / Aditya Maulana Ilustrasi pemasangan aki mobil

“Semakin canggih teknologi mesin atau mobil, semakin banyak yang error. Kalau mobil konvensional, minimal yang error adalah memori audio dan jam, jadi harus disetel kembali,” ucap Suparna kepada Kompas.com, belum lama ini.

Suparna mengatakan, ada beberapa kasus saat mencopot aki, sistem audio menjadi terkunci, jadi tidak bisa digunakan. Ada juga yang membuat sistem power window terganggu, putaran mesin yang tidak stasioner, bahkan sliding door otomatis yang jadi eror.

“Power window punya modul tersendiri, kalau tidak ada aliran listrik dari aki, bisa error. Biasanya terjadi pada pintu sliding dan kaca yang semuanya sudah otomatis. Jadi perlu disetel ulang kalau asal cabut aki dari mobil,” ucap Suparna.

Baca juga: Dorna Konfirmasi Positif Kasus Covid-19 Pertama di MotoGP

Untuk kasus putaran mesin mobil yang tidak stasioner, biasa terjadi pada kendaraan yang menggunakan teknologi throttle by wire. Jadi sistem ECU mobil menjadi terganggu karena kehilangan daya dari aki dalam waktu yang singkat.

Suparna menyarankan agar mengganti aki di bengkel resmi. Kalau dilakukan di bengkel, ketika aki dicabut, akan disambungkan ke power supply lain, jadi komponen elektronik tidak sempat kehilangan daya dan memori.

“Dipasang sejenis accu atau power bank saat lepas pasang aki mobil. Selesai memasang aki yang baru, power bank kemudian diangkat,” kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com