Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fatalitas Kecelakaan Motor di Operasi Patuh 2020 Masih Tinggi

Kompas.com - 09/08/2020, 10:01 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Korlantas Polri mencatat jumlah pelanggaran dan kecelakaan kendaraan bermotor selama pelaksanaan Operasi Patuh 2020 yang digelar selama 14 hari mengalami penurunan dari tahun lalu.

"Selama operasi patuh 2020, Korlantas telah menindak sebanyak 548.797 pelanggaran lalu lintas, turun dibanding tahun lalu sebesar 48 persen atau dari 1.060.606," kata Kakorlantas Polri Irjen Istiono dalam keterangannya, Sabtu (8/8/2020).

Sementara jumlah kecelakaan lalu lintas di periode sama, 23 Juli hingga 5 Agustus 2020, turun 30 persen dari 2.728 kejadian selama operasi patuh 2019 menjadi 2.388 kejadian.

Baca juga: Kebiasaan yang Bisa Menyelamatkan Pemotor dari Kecelakaan di Jalan

Ilustrasi kecelakaan motorgas2.org Ilustrasi kecelakaan motor

Kendati demikian, Istiono mengatakan telah terjadi peningkatan dalam fatalitas akibat kecelakaan lalu lintas terutama pengendara motor.

"Kendaraan bermotor, khususnya sepeda motor, turut andil terbanyak menjadi mesin penyebab kecelakaan. Lebih mengenaskan lagi, korbannya adalah mereka yang berusia produktif 15-35 tahun," ujarnya.

Maka dari itu, diperlukan langkah antisipatif dengan melibatkan seluruh stakeholder dalam keselamatan berlalu lintas.

Istiono menekankan, budaya tertib berkendara dan patuh terhadap peraturan di jalan raya merupakan kunci dalam mengurangi kecelakaan kendaraan bermotor. Tapi, bukan hal mudah untuk membangun kesadaran tersebut.

Baca juga: Operasi Patuh Jaya 2020 Usai, Pengendara Motor Dominasi Pelanggaran

Operasi Patuh Jaya 2019 di Pasar Minggu, Jakarta Selatan Operasi Patuh Jaya 2019 di Pasar Minggu, Jakarta Selatan

"Diharapkan, dengan sinergi yang terbangun sesama stakeholder bisa meminimalisir fatalitas korban laka lantas. Fakta menunjukkan, korban meninggal akibat laka lantas banyak berjatuhan," ucap dia.

Pada kesempatan terpisah, Istiono menyebut bahwa pelaksanaan operasi patuh 2020 berjalan lancar dan sesuai dengan yang diharapkan.

Sebab, dalam pelaksanaannya, anggota polantas di lapangan mengedepankan upaya persuasif dan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Sehingga tujuan operasi sebagai media pengingat dan edukasi kepada masyarakat atas keselamatan, kelancaran, serta ketertiban berlalu lintas tersampaikan.

“Dalam melaksanakan operasi patuh hal terpenting adalah bagaimana menyadarkan masyarakat dalam gerak langkah berlalu lintas untuk selalu jaga jarak, memakai masker dan jaga kesehatan dengan selalu cuci tangan dalam setiap kesempatan. Ini penting agar pandemi ini segera berakhir,” kata Istiono.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com