Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Salah Kaprah Penggunaan Stabilizer Setang pada Motor

Kompas.com - 14/07/2020, 09:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sepeda motor jenis sport dengan kapasitas mesinnya yang besar, menghasilkan tenaga yang besar juga. Sehingga, kestabilan dalam berkendara mutlak butuh ditingkatkan.

Salah satu alat yang banyak digunakan untuk meningkatkan kestabilan berkendara adalah steering damper atau biasa disebut stabilizer setang. Alat tersebut diletakkan di area kemudi.

Baca juga: Pakai Stabilizer Setang Jangan Asal

Ribut Wahyudi, Kepala Bengkel Honda Bintang Motor Cinere, mengatakan, steering damper berfungsi untuk menjaga kestabilan setang kemudi pada saat akselerasi, kecepatan tinggi, dan menikung.

Pilihan steering damper di toko aksesori motorOtomania/Setyo Adi Pilihan steering damper di toko aksesori motor

"Selain itu, steering damper juga bisa meredam getaran yang dihasilkan dari mesin," ujar Wahyudi, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Wahyudi menambahkan, steering damper tidak hanya untuk kenyamaman berkendara saja. Tapi, untuk menunjang keamanan juga.

Namun, tak sedikit yang menggunakan steering damper sebagai hiasan atau aksesori. Banyak yang membeli steering damper aftermarket tanpa tahu fungsi sebenarnya.

Baca juga: Bukan Sekadar Aksesori, Stabilizer Setang Punya Fungsi Penting

Ada empat jenis steering damper yang banyak digunakan pada motor gede (moge) sport. Pertama, ada manual adjustable steering damper yang biasanya digunakan untuk kompetisi.

Setelah itu, ada automatic adjustable steering damper yang banyak digunakan sebagai fitur standar superbike premium. Steering damper tersebut juga terintegrasi dengan mode berkendara.

Selanjutnya, ada speed sensitive steering damper yang mampu bereaksi secara langsung dengan mendeteksi kecepatan sepeda motor. Lalu, yang terakhir adalah non adjustable basic steering damper, yang merupakan bawaan sepeda motor untuk mencegah getaran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com