Skenario Layanan Jasa Marga Hadapi Arus Lalu Lintas Jelang Lebaran

Kompas.com - 13/05/2020, 12:01 WIB
Petugas memeriksa kendaraan roda empat di Jalan tol Jakarta - Cikampek Km 47, Karawang, Jawa Barat, Rabu (6/5/2020). Penyekatan akses transportasi di tol Jakarta - Cikampek tersebut sebagai tindak lanjut kebijakan larangan mudik dan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) guna memutus mata rantai penyebaran COVID-19. ANTARA FOTO/M Ibnu Chazar/foc. ANTARA FOTO/Muhamad Ibnu ChazarPetugas memeriksa kendaraan roda empat di Jalan tol Jakarta - Cikampek Km 47, Karawang, Jawa Barat, Rabu (6/5/2020). Penyekatan akses transportasi di tol Jakarta - Cikampek tersebut sebagai tindak lanjut kebijakan larangan mudik dan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) guna memutus mata rantai penyebaran COVID-19. ANTARA FOTO/M Ibnu Chazar/foc.
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski ada larangan mudik di tengah pandemi Covid-19, namun PT Jasa Marga berkomitmen untuk tetap siaga dan siap memberikan pelayakan optimal jelang Lebaran 2020.

Bahkan diprediksi akan terjadi puncak arus lalu lintas yang meninggalkan Jakarta yang terjadi pada H-3 atau tepatnya 21 Mei 2020. Namun demikian, Operation & Maintenance Management Group Head Jasa Marga Fitri Wiyanti menjelaskan, Jasa Marga juga telah memperkirakan adanya penurunan volume lalu lintas.

"Kami memprediksi adanya penurunan lalu lintas jelang Lebaran Tahun 2020 yaitu sebesar 62,5 persen. Jumlah tersebut dibandingkan dengan kondisi volume lalu lintas harian selama pandemi Covid-19 dan penerapan PSBB DKI Jakarta sejak 13 April 2020," ucap Fitri dalam keterangan resminya, Rabu (13/5/2020).

Baca juga: Tutup Sejak Ada Larangan Mudik, Kapal Tol Layang Japek Dibuka Lagi?

Prediksi penurunan volume lalu lintas juga dihitung berdasarkan asumsi tidak ada kegiatan mudik. Seperti diketahui, sejak 24 April lalu pemerintah sudah resmi melarang mudik bagi masyarakat dalam bentuk pengendalian di sejumlah moda transportasi.

Selain itu, dari prediksi lalu lintas tersebut Fitri menyatakan adanya distribusi lalu lintas kendaraan yang meninggalkan Jakarta ke arah Barat, Selatan, dan Timur.

Ilustrasi petugas Jasa MargaJasa Marga Ilustrasi petugas Jasa Marga

"Arah Barat melalui Gerbang Tol (GT) Cikupa diprediksi sebesar 22 persen, ke arah Selatan melalui GT Ciawi 2 sebesar 18 persen, dan ke arah Timur melalui GT Cikampek Utama 1 dan GT Kalihurip Utama 1 sebesar 60 persen (57 persen ke arah Trans Jawa, 43 persen menuju jalur Selatan)," ucap Fitri.

Jasa Marga akan menyiapkan pelayanan sesuai protokol pencegahan Covid-19 berdasarkan SE Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) No. 07/SE/M/2020 di Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) serta transaksi di gerbang tol.

Selain itu juga akan dibentuk satuan tugas pencegahan dan penanggulangan Covid-19 yang berguna melakukan sosialisasi, edukasi, penyampaian metode pencegahan, pemeriksaan petugas beserta fasilitas di TIP, dan gerbang tol.

"Kami juga berkoordinasi dengan pihak Kepolisian dan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) untuk memastikan keamanan dan kelancaran lalu lintas sesuai Peraturan Menteri Perhubungan No. 25 Tahun 2020 tentang Pengendalian Transportasi dan ketentuan PSBB sesuai Peraturan Daerah yang berlaku," kata Fitri.

Baca juga: Kembali Beroperasi, Bus AKAP Justru Bisa Rugi

Reza Febriano, Jasamarga Metropolitan Tollroad Division Head, menambahkan ada tiga layanan utama yang disiapkan jelang Lebaran tahun ini. Mulai dari layanan transaksi yang meliputi keberfungsian peralatan tol 100 persen, menyiagakan personel tambahan, personil mobile reader dan penyiapan setiap teknisi untuk tetap siaga pada periode Lebaran.

Ilustrasi petugas Jasa MargaJasa Marga Ilustrasi petugas Jasa Marga

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X