Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pahami Arti dari Angka dan Huruf di Tuas Transmisi Mobil Matik

Kompas.com - 30/03/2020, 10:12 WIB
Ari Purnomo,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Keberadaan mobil dengan transmisi otomatis, tengah menjadi primadona saat ini. Kemudahan dalam pengoperasiannya membuat banyak orang yang beralih untuk menggunakannya.

Apalagi bagi mereka yang baru bisa mengendarai mobil atau biasa disebut green driver. Tetapi, sebelum menggunakannya sebaiknya perlu memahami kode transmisi pada mobil matik.

Pada tuas mobil dengan transmisi otomatis itu, biasanya tertera sejumlah angka dan juga huruf. Dari setiap kode itu, mempunyai fungsi yang berbeda-beda sesuai dengan penggunaannya.

Tidak hanya itu, kode pada tuas transmisi itu juga tidak sama antara satu pabrikan dengan pabrikan yang lainnya.

Untuk itu, pengendara harus paham sebelum menggunakannya agar saat berkendara bisa nyaman dan tentunya aman.

Baca juga: Mitos Atau Fakta, Mobil Diesel Harus Setia Pada Satu Jenis Solar

Tombol Overdrive di mobil matik konvensional Tombol Overdrive di mobil matik konvensional

Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak, Suparna mengatakan, ada beberapa angka maupun huruf pada tuas transmisi mobil otomatis.

Setiap perusahaan memiliki kode dalam bentuk huruf maupun angka yang tidak sama. Meskipun, dalam pengoperasiannya pada dasarnya sama saja.

"Pada tuas transmisi mobil matik itu ada kombinasi huruf dan angka, seperti P-R-N-D-2-L, ada juga lagi P-R-D-D3-2-L, dan ada juga yang hanya P-R-N-D-S. Pada dasarnya sama saja, yang penting mengerti fungsinya masing-masing," katanya kepada Kompas.com belum lama ini.

Berbeda halnya dengan tanda pada tuas transmisi mobil manual, angka maupun huruf pada tuas transmisi mobil matik ini tidak mengacu pada gigi percepatan.

Baca juga: Mobil Bensin Salah Isi Solar, Ini yang Terjadi

Melainkan pada fungsi dari setiap posisi tuas transmisi tersebut. Hal ini karena, setiap kode baik huruf maupun angka tersebut mempunyai fungsi yang berbeda-beda.

Tuas transmisi BMW X1 masih memakai model lama langkap dengan i-DriveKompas.com - AFH Tuas transmisi BMW X1 masih memakai model lama langkap dengan i-Drive

Berikut arti dari kode angka maupun huruf pada tuas transmisi mobil otomatis

- P atau Parking

Posisi tuas ini digunakan saat kendaraan parkir. Dengan mengarahkan tuas pada huruf P maka transmisi terkunci pada posisi ini.

Dengan begitu, mobil tidak bisa lagi bisa didorong. Selain itu, posisi ini juga merupakan awal menghidupkan mesin dan melepaskan kunci kontak.

- R atau Reverse

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com