Aki Skutik Lebih Boros Ketimbang Jenis Motor Lain, Ini Alasannya

Kompas.com - 30/03/2020, 08:32 WIB
Aki motor butuh perawatan agar performa tetap baik kompas.comAki motor butuh perawatan agar performa tetap baik
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Aki merupakan komponen cukup krusial pada sepeda motor. Fungsinya, yakni sebagai sumber daya listrik untuk beberapa komponen yang memerlukan.

Lantas dari jenis-jenis motor yang eksis, seperti skutik, bebek atau motor sport, model motor mana yang paling boros menyedot daya?

Baca juga: Efek Buruk Pasang Terminal Aki Motor Terbalik

Wahyudin, Kepala Mekanik Bengkel AHASS Daya Adicipta Motora (DAM), mengatakan, pada dasarnya secara spesifikasi baterai, umur aki sama saja baik untuk tipe matik, bebek atau sport.

"Sebetulnya untuk aki tidak ada yang lebih boros jika pemakaiannya sesuai anjuran pabrik, umur pakainya bisa minimal 3 tahun baru ganti," kata wahyudin kepada Kompas.com, Minggu (29/3/2020).

Honda Beat KOMPAS.com/Gilang Honda Beat

Oleh sebab itu, lanjut Wahyudin, semua balik ke penggunaannya. Jika pemilik lebih perhatian pada kesehatan aki maka umur aki bisa awet.

Baca juga: Jangan Salah, Aki Motor Karburator Beda dengan Injeksi

"Tapi zaman sekarang kan kebanyakan pakai matik, orangnya sibuk jadi ingin praktis makanya sering banget pake elektrik starter tanpa memperhatikan standar penggunaannya. Jadi saya rasa aki matik yang lebih pendek umur pakainya," kata Wahyu.

Apalagi untuk skutik model baru beberapa sudah tidak menggunakan kick starter alias engkol. Sehingga tugas utama untuk menyalakan mesin, yakni pakai starter electric yang dayanya disuplai oleh aki.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X