Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil dan Motor Modifikasi Bakal Punya Sertifikasi

Kompas.com - 14/03/2020, 19:42 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

PEKANBARU, KOMPAS.com - Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mendorong tumbuhnya industri modifikasi kendaraan bermotor yang sarat kreativitas dan produktif di dalam negeri.

Pada perhelatan Indonesia Modification Expo (IMX) 2020 yang digelar di Pekanbaru, Sumatra Timur, Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan (IMATAP) Kemenperin Putu Juli Ardika menyatakan bahwa pihaknya bakal menyiapkan Rancangan Standar Kompetensi Kerja Nasional (RSKKNI) untuk modifikasi.

Baca juga: Virus Corona Masuk Indonesia, Ini Kondisi Harga Mobil Murah Bekas Maret 2020

Putu Juli Ardika, Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Ditjen ILMATE Kemenperin (kanan) bersama Agus Pambagio, pengamat kebijakan publik dalam diskusi di Jakarta, Rabu (18/7/2018).Cutenk Putu Juli Ardika, Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Ditjen ILMATE Kemenperin (kanan) bersama Agus Pambagio, pengamat kebijakan publik dalam diskusi di Jakarta, Rabu (18/7/2018).

"Jadi, nanti pengerjaan modifikasi itu sudah berdasarkan standar nasional dan diakui. Sertifikasi akan dilakukan oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP)," katanya kepada Kompas.com, Sabtu (14/3/2020).

"Saat ini kita sedang siapkan standar kompetensi dan lainnya, beberapa industri dan modifikator terkait akan diajak untuk berembuk serta mungkin akan dilakukan pelatihan," ujar Putu.

Pelatihan yang dilaksanakan nanti, lanjutnya, guna menentukan standar untuk pengerjaan suatu bagian tertentu seperti power train, audio, kaki-kaki, dan sebagainya, kemudian dijadikan modul.

Baca juga: Pabrik Otomotif di China Dianggap Abai Ancaman Virus Corona

Tren modifikasi mobil di tahun 2019.Kompas.com/Donny Tren modifikasi mobil di tahun 2019.

"Pelatihan dulu, praktik dulu, kemudian kita bicangkan lebih lanjut untuk sertifikasi. Sehingga, seluruh pengerjaan modifikasi punya kualitas yang sama baiknya (tidak ada GAP)," ucap Putu.

Melalui RSKKNI atau sertifikasi modifikasi kendaraan, Putu berharap industri otomotif Indonesia semakin bertumbuh pesat.

Berbagai produk aftermarket baru pun diyakini bisa lahir untuk kemudian menumbuhkan performa ekspor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com