Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Antisipasi Virus Corona, Suhu Tubuh Pengunjung Panas Dilarang Masuk Pameran GIICOMVEC

Kompas.com - 05/03/2020, 11:51 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle (GIICOMVEC) 2020 diadakan selama empat hari, yaitu 5 sampai 8 Maret 2020. Pameran kendaraan komersial ini berlokasi di Jakarta Convention Center, Jakarta Pusat.

Pameran yang tetap berlangsung meski pemerintah sedang konsen menangani virus Corona ini akhirnya diselaraskan dengan kondisi yang ada.

Peserta hingga pengunjung pameran yang akan masuk area akan dilakikan pemeriksaan kesehatan oleh panitia acara. Petugas bakal memeriksa suhu badan dengan menggunakan termometer infrared yang diarahkan ke kepala.

Setelah dinyatakan aman, pengunjung diberi stiker berwarna oranye sebagai penanda sudah diperiksa. Jika suhu tubuh di atas 38 derajat celsius, maka diarahkan ke medical room untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Baca juga: GIICOMVEC Abaikan Instruksi Pemprov DKI Jakarta, Terkait Corona

Ruang medis GIICOMVECKompas.com/Fathan Radityasani Ruang medis GIICOMVEC

"Semua pengunjung harus melewati pengecekan suhu tubuh. Agar mengetahui mana yang sakit dan yang tidak. Jika ada indikasi demam, langsung diperiksa oleh tenaga medis," kata salah satu petugas yang menjaga pintu masuk.

Tila, salah satu tenaga medis di pameran GIICOMVEC, mengatakan, pengecekan yang dilakukan di ruang medis, yaitu pengunjung diperiksa menggunakan tiga jenis termometer untuk memastikan suhu tubuh.

Jika tetap di atas 38 derajat celsius, pengunjung akan dilarikan ke salah satu dari tiga rumah sakit yang bisa menangani gejala corona.

Baca juga: Pecah Rekor, Yamaha RX-King Terjual Rp 150 juta!

"Rumah sakit yang dituju yaitu RSPAD Gatot Subroto, RS Persahabatan, dan RSPI. Kita hubungi dulu rumah sakitnya untuk menyiapkan ruang isolasi. Jika sudah siap, pengunjung diantarkan dengan ambulans yang disediakan JCC ke rumah sakit tersebut," ucap Tila kepada Kompas.com saat ditemui di GIICOMVEC, Kamis (5/3/2020).

Bagi pengunjung yang memiliki gejala batuk atau flu tetapi suhu tubuh masih di bawah 38 derajat celsius, masih boleh memasuki area pameran dan diberikan masker oleh tenaga medis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com