Harga Honda Jazz Bekas Lebih Tinggi dari Toyota Yaris

Kompas.com - 20/02/2020, 07:42 WIB
Pilihan body kit tersedia untuk Jazz lawas lansiran 2007-2010. carsguide.com/HondaPilihan body kit tersedia untuk Jazz lawas lansiran 2007-2010.

JAKARTA, KOMPAS.com – Di pasar hatchback bekas maupun baru, nama-nama seperti Honda Jazz dan Toyota Yaris telah menjadi pilihan utama sejak satu dekade terakhir. Ada hatchback lain seperti Suzuki Swift, Ford Fiesta, maupun Mazda2, namun Jazz dan Yaris yang masih lebih laku.

Herjanto Kosasih, Senior Manager Bursa Mobil Bekas WTC Mangga dua, mengatakan, model hatchback seperti Jazz dan Yaris masih banyak diburu. Hal ini membuat unit yang tersedia di showroom mobil bekas biasanya tak akan bertahan lama.

“Dua-duanya masih laku, asal ada barangnya pasti ada yang beli, enggak sampai sebulan sudah laku,” ujarnya kepada Kompas.com (19/2/2020).

Baca juga: Reaksi Honda Setelah SUV Murah Suzuki XL7 Meluncur

Toyota Yaris produksi 2008, masuk dalam daftar recall.Toyota Toyota Yaris produksi 2008, masuk dalam daftar recall.

Meski begitu, ternyata harga jual Jazz terbilang lebih stabil ketimbang Yaris. Untuk Jazz GE8 lansiran 2008, di situs jual beli online rata-rata dijual sekitar Rp 120 jutaan.

Sementara untuk Yaris di tahun yang sama, dibanderol sekitar Rp 100 jutaan. Sedangkan Swift jadi yang paling rendah, untuk tahun yang sama mobil ini dihargai sekitar Rp 90 jutaan.

Herjanto mengatakan, bahwa Jazz memiliki pangsa pasar yang lebih luas ketimbang rival-rivalnya.

Baca juga: Catat, Ini Syarat dan Ketentuan Bikin Smart SIM

Ilustrasi: Deretan mobil bekas yang dijual di kawasan Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Selasa (13/2/2018).Kompas.com/Alsadad Rudi Ilustrasi: Deretan mobil bekas yang dijual di kawasan Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Selasa (13/2/2018).

 

Misalnya peminat Jazz tak hanya anak muda, tapi orang tua pun masih menggemari hatchback ini. Hal ini yang membuat harga jual Jazz terbilang stabil, meski usianya sudah lebih dari 10 tahun.

“Kalau Yaris itu memang sedikit lebih susah dijualnya jika dibandingkan Jazz. Sementara Swift itu konsumennya loyalis merek, makanya penjual mobil bekas lebih percaya diri saat menjual Jazz,” kata Herjanto.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X