Salin Artikel

Merasakan Kelincahan Skuter Listrik Gesits di Jalan Raya

JAKARTA, KOMPAS.com - Di antara skuter listrik lainnya, Gesits yang paling mirip dimensinya dengan skutik-skutik bermesin bensin pada umumnya. Saat dibawa berkendara di jalan raya, skuter listrik ini juga tak kalah dengan skutik biasa.

Penguji dari tim Kompas.com mencoba merasakan bagaimana kemampuan motor ini saat dibawa di jalan raya. Rute yang akan digunakan adalah Palmerah menuju Depok, dengan kondisi jalan macet di beberapa titik. Jaraknya sendiri sekitar 22 km.

Gesits menggunakan motor listrik Permanent Magnet Sunchronous Motor. Komponen tersebut mampu mengeluarkan tenaga maksimal hingga 5 kW atau sekitar 6,7 tk dengan torsi mencapai 30 Nm.

Akselerasinya sendiri diklaim hanya membutuhkan lima detik untuk mencapai 50 kilometer per jam dari posisi diam. Sedangkan kecepatan maksimumnya, bisa tembus 70 kilometer per jam.

Performa yang dirasakan penguji kurang lebih sama seperti yang diklaim oleh pihak PT Gesits Technologies Indonesia. Namun, karena bobotnya yang mirip dengan skutik biasa, yakni 94,5 kg, terasa sedikit kurang responsif di tarikan awalnya.

Gesits sendiri dibekali dengan tiga mode berkendara, antara lain Echo, Urban, dan Sport. Mode Echo, kecepatan maksimum hanya 25 kilometer per jam. Sedangkan mode Urban, mencapai 50 kilometer per jam. Lalu mode Sport, mencapai 70 kilometer per jam.

Namun, mode Sport tidak bisa digunakan secara terus menerus. Hanya bertahan selama beberapa detik, lalu kembali ke mode Urban. Meski demikian, fitur ini cukup berfungsi saat ingin menyalip kendaraan di depan.

Dimensinya yang mirip dengan skutik-skutik Jepang, membuat pengendaranya tidak perlu lama lagi beradaptasi saat di tengah kemacetan. Rasanya sama seperti mengendarai motor biasa, karena posisi berkendaranya juga tak jauh berbeda.

Tidak disebutkan berapa kapasitas atau spesifikasi baterai yang digunakan. Namun, satu baterai mampu menempuh jarak hingga 50 km dalam kondisi penuh.

Dari perjalanan penguji tim Kompas.com dengan rute Palmerah menuju Depok sejauh kurang lebih 22 km, menghabiskan kapasitas baterai sekitar 40 persen.

Meski demikian, jangan khawatir akan kehabisan daya listrik di perjalanan. Sebab, Gesits juga memiliki dua slot baterai di bawah bagasinya. Untuk baterai kedua, dikabarkan akan dijual terpisah, tidak termasuk saat pembelian motor.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/01/29/184200915/merasakan-kelincahan-skuter-listrik-gesits-di-jalan-raya

27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.