Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenapa Ban Cadangan Mobil Bentuknya Lebih Kecil?

Kompas.com - 13/01/2020, 15:02 WIB
Ari Purnomo,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com- Ban cadangan mobil biasanya memiliki bentuk yang tidak sama dengan yang sedang dipakai. Selain modelnya agak unik atau tidak biasa, ukurannya pun juga lebih kecil.

Perbedaan ukuran ini terlihat pada lebar tapak ban yang lebih kecil dibandingkan dengan ban yang biasa digunakan sehari-hari.

Ternyata bentuk dari ban cadangan atau temporary tire tersebut memiliki tujuan lain. Salah satunya adalah untuk menghemat ruang dalam bagasi mobil.

Dealer Technical Support Department Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi menjelaskan, ban cadangan mempunyai bentuk yang lebih tipis dari ban yang biasa digunakan.

Tujuannya adalah agar saat disimpan di bagasi mobil tidak terlalu memakan tempat. Terlebih untuk mobil yang memiliki ruang bagasi yang terbatas atau sempit.

Baca juga: Angkot Full AC Bakal Masuk Wilayah Pemukiman

“Biasanya ban cadangan lebih tipis dari ground tire atau ban yang biasa digunakan. Salah satunya untuk menghemat ruang penyimpanan dari ban cadangan tersebut,” ujar Didi saat dihubungi Kompas.com, Senin (13/1/2020).

Didi menambahkan, dengan bentuk yang lebih tipis maka ruangan yang dibutuhkan untuk penyimpanan juga tidak terlalu besar.

Selain untuk menghemat tempat, tujuan ban cadangan lebih tipis, yaitu agar ban tersebut tidak digunakan untuk sehari-hari.

Ilustrasi tambal ban pinggir jalan yang biasa menawarkan jasa tambal model tusukGridOto.com Ilustrasi tambal ban pinggir jalan yang biasa menawarkan jasa tambal model tusuk

Pasalnya, jika ban cadangan digunakan untuk sehari-hari bisa berbahaya mengingat lebar tapak ban cadangan jelas lebih kecil.

“Namanya juga ban cadangan atau temporary tire jadi hanya dipakai untuk sampai ke tukang tambal ban saja,” tuturnya.

Sehingga, jika sudah mendapatkan tukang tambal ban sebaiknya ban diganti dengan ban yang untuk sehari-hari atau ground tire.

Mengingat, fungsi dari ban cadangan hanya sebagai pengganti saat darurat saja atau ban mengalami kebocoran atau pecah.

“Ban cadangan ini juga tidak bisa dipakai untuk harian, bentuk tapaknya juga lebih tipis. Pada ban juga tertulis kecepatan maksimal dari ban cadangan tersebut hanya 80 kilometer per jam,” ucapnya.

Baca juga: Saat Motor Parkir, Sebaiknya Pakai Standar Samping atau Tengah?

Didi menambahkan, ban cadangan dengan bentuk lebih kecil ini tidak ada di setiap mobil bahkan untuk mobil keluaran terbaru.

Hanya mobil-mobil dengan ruang bagasi terbatas saja yang menggunakan ban dengan profil lebih tipis tersebut.

“Tidak juga (mobil terbaru) tergantung dari desain tiap mobil. Beberapa mobil yang sudah menggunakan temporary tire seperti Voxy, Alphard, Sienta karena mengingat bagasi penyimpanannya memang terbatas,” ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com