Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Angkot Full AC Bakal Masuk Wilayah Pemukiman

Kompas.com - 13/01/2020, 13:23 WIB
Ari Purnomo,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Operasional angkutan perkotaan (Angkot) full AC Jak Lingko akan terus dikembangkan. Ke depan, trayek angkutan full AC ini tidak hanya menyasar wilayah perkotaan saja, melainkan juga menyasar wilayah pemukiman warga.

Ketua Organisasi Angkutan Darat (Organda) DKI Jakarta, Shafruhan menjelaskan, saat ini operasional angkot full AC memang masih di wilayah jalan utama. Yakni menyasar kawasan padat aktivitas yakni Pulogadung-Kota dan Tanah Abang-Kota.

“Tetapi, ke depan angkot full AC ini juga akan sampai ke wilayah pemukiman. Nanti bisa jemput bola, jadi mendatangi penumpang yang ada di pemukiman,” terang Shafruhan kepada KOMPAS.com belum lama ini.

Baca juga: Perbedaan Jak Lingko dengan Angkot Biasa, dari Ngetem sampai Ongkos

Shafruhan menambahkan, untuk mendukung rencana tersebut dibutuhkan sarana dan prasarana yang memadai. Seperti adanya selter untuk menunggu angkot full AC di kawasan pemukiman.

“Sehingga, masyarakat tidak perlu jauh-jauh saat hendak menunggu angkot full AC tersebut,” katanya.

pangkalan angkot jaklingkoFathan pangkalan angkot jaklingko

Saat ini, rencana ini terus dilakukan pembahasan guna mematangkan konsep yang akan dicapai kedepannya. Selain itu, Shafruhan menambahkan, nantinya juga akan bekerja sama dengan perusahaan IT.

Hal ini ditujukan agar ada aplikasi tersendiri yang bisa memantau keberadaan calon penumpang.

“Keberadaan calon penumpang ini bisa disampaikan dan masuk dalam kawasan. Sehingga, sopir angkot ini bisa mengetahui keberadaan calon penumpang,” katanya.

Baca juga: Syarat untuk Gabung Jadi Anggota Angkot Full AC

Dengan begitu, lanjutnya, sopir bisa mendatangi calon penumpang tersebut. Dan untuk rute yang dilewati oleh sopir angkot tersebut akan masuk dalam kawasan.

“Bisa juga nanti kerja sama dengan perusahaan IT, bagaimana mikrolet ini bisa jemput bola. Ada titik penumpang bisa dijemput, rutenya bisa disebut kawasan,” ujarnya.

angkot ber-acFathan angkot ber-ac

Seperti diketahui, memasuki 2020 ini DKI Jakarta terus berupaya untuk memberikan pelayanan terbaik terhadap penumpang transportasi umum. Salah satunya dengan menghadirkan Jak Lingko yang sebelumnya adalah program OK trip.

Angkot Jak Lingko sendiri sangat berbeda dengan angkot pada umumnya. Salah satu yang paling terlihat adalah adanya AC pada setiap angkot yang beroperasi. Selain itu, sopir juga menggunakan seragam khusus.

Dengan adanya angkot full AC ini diharapkan dapat mendorong masyarakat untuk menggunakan transportasi massal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com