Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Unimog, Truk yang Dinaiki Ahmad Dhani saat Bebas dari Penjara

Kompas.com - 30/12/2019, 15:23 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Ahmad Dhani bebas dari LP Cipinang, Jakarta Timur, Senin (30/12/2019). Pentolan grup musik Dewa 19 itu menuju ke rumahnya di Pondok Indah, Jakarta Selatan menaiki Mercedes Benz Unimog.

Unimog merupakan truk kelas menengah yang diproduksi untuk berbagai utilitas. Truk ini pertama kali dikembangkan pada 1951 setelah era Perang Dunia II dan masih terus diproduksi hingga kini.

Baca juga: Ini Spesifikasi Unimog 1300L Milik Massa Prabowo

Unimog punya dua seri yakni seri medium dan berat (besar). Seri medium tersedia mulai dari model U200 sampai U500. Sedangkan yang kelas berat dari model U4000 dan U5000.

Unimog memakai penggerak 4-roda. Truk ini awalnya dirancang untuk digunakan dalam pertanian, namun karena kemampuan off road yang mumpuni, truk ini kemudian banyak dipakai di gunung, hutan ataupun gurun.

Musisi Ahmad Dhani bersama keluarganya di mobil komando usai keluar dari Rutan Kelas 1 Cipinang menuju kediamannya di daerah Pondok Indah, Jakarta Selatan, Senin (30/12/2019).KOMPAS.COM/DEAN PAHREVI Musisi Ahmad Dhani bersama keluarganya di mobil komando usai keluar dari Rutan Kelas 1 Cipinang menuju kediamannya di daerah Pondok Indah, Jakarta Selatan, Senin (30/12/2019).

Mercedes Benz pun terus mengembangkan kemampuan off road Unimog, sampai akhinya truk ini juga dipakai oleh beberapa militer di dunia. Termasuk pemadam kebakaran hingga alat angkut kontruksi.

Meski berstatus truk, Unimog banyak dicintai oleh para pesohor. Salah satu yang dikenal sebagai fans Unimog aktor Hollywood, Arnold Schwarzenegger. Mantan Gubernr California tersebut bahkan memodifikasi Unimog miliknya.

Baca juga: Truk Unimog Cuma Rp 250 Juta di IIMS

Arnold  Schwarzenegger kendarai Unimog U1300 SE 6.4emercedesbenz Arnold Schwarzenegger kendarai Unimog U1300 SE 6.4

Namun pada 2014, Arnold memutuskan menjual Unimog U1300 SE 6.4 miliknya. Truk produksi 1977 itu ditawarkan dengan harga 208.250 Euro atau setara dengan Rp 3,2 miliar. 

Di Indonesia, Unimog pernah jadi sorotan pada 2014. Kala itu massa pendukung Prabowo-Hatta yang mengendarai Unomog mendesak mendekati Gedung Mahkamah Konstitusi (MK), Jakarta Pusat.

Massa memaksa mendekati Gedung MK melalui Jalan Medan Merdeka Barat yang disterilkan polisi karena adanya sidang putusan gugatan Pilpres 2014.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com