Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arus Balik Marak Tabrakan Beruntun, Pengemudi Diimbau Istirahat

Kompas.com - 26/12/2019, 06:22 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.comArus balik libur Natal diprediksi bakal berlangsung 25-26 Desember 2019. Para pengguna jalan diimbau lebih waspada dengan tabrakan beruntun yang kerap terjadi pada kondisi jalanan padat.

Pengamat Transportasi dari Unika Soegijapranata Djoko Setijowarno, mengatakan, pengendara mobil yang kembali ke Jakarta dari Jawa Tengah atau Jawa Timur biasanya mulai mengalami kelelahan di sekitar tol Cipali atau masuk ruas tol Cikampek-Jakarta.

“Karena lelah kewaspadaan bisa menurun, makanya pengemudi diimbau untuk beristirahat dulu di rest area sebelum masuk Jakarta,” ujarnya kepada Kompas.com belum lama ini.

Baca juga: Arus Balik Libur, 338.000 Kendaraan Akan Kembali ke Jakarta Mulai Hari Ini

 

Truk yang sebabkan tabrakan beruntun di Cipularang Truk yang sebabkan tabrakan beruntun di Cipularang

Di samping itu, Djoko menyebutkan kecelakaan tabrak belakang truk juga sering terjadi di jalan tol. Kecelakaan itu disebutnya belum ada tren penurunan dari waktu ke waktu.

“Penyebab utamanya sopir yang mengantuk, sehingga kehilangan konsentrasi. Kondisi jalan yang lengang cenderung membuat pengemudi memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi, hati-hati juga jangan menyalip lewat bahu jalan,” kata Djoko.

Ia mengingatkan untuk selalu menjaga batas kecepatan maksimal sesuai aturan rambu yang berlaku. Sebab menurutnya jalan tol bukan sirkuit balapan bagi kendaraan bermotor.

“Jalan bebas hambatan juga memiliki karakter yang berbeda dengan jalan non tol, pengemudi dilarang berhenti sembarangan kalau bukan keadaan darurat. Regulator dan operator harus secara bersama terus menerus mengedukasi itu pada masyarakat,” ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com