Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tarikan Motor Kurang Ngacir, Periksa Komponen Ini

Kompas.com - 23/11/2019, 12:01 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak jarang pemilik motor datang ke bengkel dengan keluhan motornya kurang responsif. Tarikan motor kurang ''ngejambak'' dan cenderung pasif meski selongsong gas sudah dipuntir.

Benny Saputra, pemilik bengkel aksesori dan modifikasi motor One3 Motoshop yang kerap menerima servis moge tipe sport, mengatakan, ada dua bagian yang mesti dicek jika motor kurang akselerasi yaitu fuel line dan pembakaran.

Baca juga: Geliat Bengkel Umum Moge, Mulai Kejar Kualitas Bengkel Resmi

"Selalu cek kondisi tangki, bersih atau kotor, kemudian fuel pump. Jangan lupa throttle body, kalau mesin sudah dua silinder ke atas throttle body pengaruh, sebab keseimbangan vakum antara tiap silinder berbeda," kata Benny kepada Kompas.com belum lama ini.

Bengkel umum motor gede One3 MotoshopKOMPAS.com/Gilang Bengkel umum motor gede One3 Motoshop

Benny mengatakan, dengan mengecek throttle body maka akan terlihat karakter motor saat digas dan berakselerasi, apakah tarikannya lancar atau tidak alias ''brebet.''

Baca juga: 8 Bengkel Resmi Honda Layani Konsumen Kota Batik

"Kalau ada keluhan motor kurang akselerasi, kita pasti periksa fuel pump, tangki, selang, dan injektor, sebab yang sering bermasalah itu injektor kotor, salah satunya karena bahan bakar di kita masih kotor," katanya.

Benny mengatakan, salah satu penyebab tarikan motor kurang responsif juga disebabkan kurangnya suplai udara bersih ke ruang bakar. Gejalanya, timbul suara tidak enak timbul ketika motor berakselerasi dan gas ditutup penuh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com