Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Semua Pebalap MotoGP, Moto2, dan Moto3 Bakal Jajal Sirkuit Mandalika

Kompas.com - 22/11/2019, 10:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Akhir pekan ini, Sabtu (23/11/2019), ITDC (Indonesia Tourism Development Corporation) akan mengadakan pra-peluncuran MotoGP Mandalika di Jakarta. Sirkuit yang dibangun di Lombok, Nusa Tenggara Barat, ini dipastikan hampir rampung pembangunannya.

Sirkuit Mandalika diklaim sebagai sirkuit jalan raya pertama di dunia. Diperkirakan, sirkuit ini akan selesai dibangun tahun 2020. Dengan standar yang tinggi, Mandalika Street Circuit ini memiliki panjang 4,31 km dengan 17 tikungan.

Baca juga: Harga Tiket MotoGP Mandalika Bervariasi, Ini Penjelasannya

Miranti Rendranti, Corporate Secretary ITDC, mengatakan, nantinya semua pebalap di kelas MotoGP, Moto2, dan Moto3, akan mengetes langsung karakter sirkuit tersebut.

Pembangunan sirkuit terbuka dengan konsep jalan raya atau street racing circuit ini dikerjakan oleh Vinci Construction Grand Project (VCGP) Perancis, selaku investor yang telah melakukan kajian pembangunan sirkuit. Dok Istimewa Pembangunan sirkuit terbuka dengan konsep jalan raya atau street racing circuit ini dikerjakan oleh Vinci Construction Grand Project (VCGP) Perancis, selaku investor yang telah melakukan kajian pembangunan sirkuit.

"Setelah selesai Valencia, semua riders MotoGP ikut testing. Kebetulan juga kali ini riders Moto2 dan Moto3 juga diikutkan testing," ujar Miranti, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Miranti menambahkan, untuk pengaturan jadwalnya, menunggu keputusan dari Dorna, selaku promotor dan penyelenggara MotoGP. Namun, melihat kesiapan sirkuit Mandalika sekarang, sepertinya pengetesan tersebut baru bisa dilakukan tahun depan.

Baca juga: Tiket Nonton MotoGP Mandalika Dipastikan Bakal Habis Terjual

Dengan semua pebalap di semua kelas akan melakukan pengetesan, itu berarti perhelatan MotoGP Mandalika juga akan menggelar balap untuk semua kelas. Tidak seperti saat sirkuit Laguna Seca, Amerika Serikat, menjadi tuan rumah MotoGP, yang tidak menggelar kelas Moto3.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com