Tiket Nonton MotoGP Mandalika Dipastikan Bakal Habis Terjual

Kompas.com - 19/11/2019, 13:42 WIB
Marc Marquez saat berlaga di MotoGP Malaysia 2019. (Photo by Mohd RASFAN / AFP) MOHD RASFANMarc Marquez saat berlaga di MotoGP Malaysia 2019. (Photo by Mohd RASFAN / AFP)
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam rangka menuju gelaran MotoGP Indonesia di 2021, Mandalika Grand Prix Association (MGPA) akan memulai countdown pre-booking tiket pada Sabtu (23/11/2019) mendatang.

Kegiatan ini dilakukan hingga Agustus 2020 dengan jumlah tiket yang disediakan sebanyak 10.000 hingga 20.000 untuk mengetahui animo masyarakat terkait gelaran MotoGP Indonesia.

CEO MGPA Ricky Baheramsjah, mengatakan pre-booking dilakukan untuk melihat gambaran animo serta profil penonton. Dengan demikian, pihaknya bisa menyiapkan kebutuhan transportasi dan akomodasi dengan lebih baik.

Baca juga: Tiket Nonton MotoGP Indonesia Dijual 23 November, Harganya Bervariasi

"Kami optimis MotoGP Indoensia 2021 akan dipadati penonton. Kami perkirkan acara ini akan dapat menarik 100.000 orang selama penyelenggaraan. Hal ini didasari oleh sejumlah hal antara lain jumlah fans MotoGP di Indonesia yang sangat besar," ucap Ricky dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Selasa (19/11/209).

Sementara untuk bocoran harga tiketnya sendiri, sebelumnya sudah diinfokan oleh Corporate Secretari Indonesia Tourism Development Corporation ( ITDC) Miranti Nasti Rendranti, yakni diperkirakan mulai dari Rp 295.000 untuk general asmission.

Pembangunan sirkuit terbuka dengan konsep jalan raya atau street racing circuit ini dikerjakan oleh Vinci Construction Grand Project (VCGP) Perancis, selaku investor yang telah melakukan kajian pembangunan sirkuit. Dok Istimewa Pembangunan sirkuit terbuka dengan konsep jalan raya atau street racing circuit ini dikerjakan oleh Vinci Construction Grand Project (VCGP) Perancis, selaku investor yang telah melakukan kajian pembangunan sirkuit.

Sementara untuk kisaran harga beserta kategori kelas-kelasnya sendri, sampai saat ini diakui masih dalam tahap diskusi dengan Dorna.

Ajang MotoGP Mandalika juga diprediksi akan memberikan manfaat yang besar bagi Indonesia dengan perkiraan bakal ditonton sebanyak 430 juta rumah tangga di seluruh dunia setiap kali balap.

Kondisi tersebut akan memberikan country branding yang kuat bagi Indonesia setelah sebelumnya sukses menggelar Asian Games dan Asian Para Games 2018. Pembangunan sirkut sendiri diklaim dapat menyerap sekitar 7.500 pekerja.

Baca juga: Catat, Ini Bocoran Harga Tiket Nonton MotoGP Indonesia 2021

Dengan adanya tambahan invetasi lokal sebesar 150 juta dollar Amerika Seritak, ke depan Mandalika Street Circuit dan kegiatan MotoGP diperkirakan mampu mendatangkan 300.000 wisatawan asing per tahunnya.

Ilustrasi layout sirkuit Mandalika di Lombok untuk tuan rumah MotoGP 2021.motogp.com Ilustrasi layout sirkuit Mandalika di Lombok untuk tuan rumah MotoGP 2021.

"Sirkuit Mandalika memiliki nilai lebih dibandingkan sirkuit lain karena merupakan lintasan terbuka dan akan menyajikan pemandangan indah bukit dan pantai, dibangun sebagai atraksi kelas dunia dalam kawasan The Mandalika yang merupakan destinasi pariwaisata kelas dunia," kata Ricky.

Pembangunan sirkuit yang sudah dilakukan mulai September 2019 lalu telah memasuki ground work dengan proses 30 persen. ITDC pastikan lintasan tersebut dapat selesai pada akhir 2020 dan pelaksanaan MotoGP Indonesia dapat dilaksanakan pada tahun berikutnya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X