Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Laporan langsung dari Tokyo Motor Show 2019, Jepang

Pernyataan Akio Toyoda Soal Pergeseran Value Toyota

Kompas.com - 22/10/2019, 16:21 WIB
Aris F Harvenda,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

TOKYO, KOMPAS.com - Bicara masa depan, terutama urusan moda transportasi, pergeseran model dan jenis kendaraan adalah keniscayaan.

Kendaraan elektrifikasi (electrified vehicle), kendaraan mobilitas (mobility vehicle), kendaraan otonom (autonomous vehicle), kendaraan yang bisa dipakai bersama (ride sharing vehicle), bahkan gabungan antara seluruh jenis moda tersebut diprediksi bakal berkembang pesat.

"Membawa kegembiraan dan kebebasan bergerak untuk semua. Ini adalah bentuk dari masyarakat mobilitas masa depan yang kita impikan bersama. Kami akan terus menciptakan produk mobilitas yang memiliki nilai dan disukai," ujar Akio Toyoda, President Toyota Motor Corporation, lewat keterangan resminya (22/10/2019).

Toyota e-Palette berikan kemudahan akses keluar masuk bagi pengguna kursi rodaToyota Toyota e-Palette berikan kemudahan akses keluar masuk bagi pengguna kursi roda
Ke depan, lanjut Toyoda, Toyota akan menyediakan beragam layanan mobilitas dan solusi transportasi untuk orang-orang di seluruh dunia seiring perubahan Toyota menjadi perusahaan mobilitas.

"Namun, kami tidak dapat melakukan semuanya sendiri di Toyota. Kami siap menghadapi tantangan masa depan bersama dengan bantuan dari semua partner kerja," kata Toyoda.

Perusahaan mobilitas

Atas dasar itulah, saat ini, value Toyota bergeser ke arah "perusahaan mobilitas" dalam periode transformasi yang hanya terjadi sekali dalam satu abad.

Toyota BEV for bussinesstoyota Toyota BEV for bussiness
Pergerakan ini merupakan implementasi komitmen Toyota untuk mewujudkan Ever Better Cars yang juga didasari semangat Let’s Go Beyond.

Nantinya, kendaraan tidak sekadar memindahkan manusia dari titik A ke titik B, kendaraan juga harus punya nilai lebih di mata penggunanya sehingga tercipta pola relasi dan pengalaman yang unik, menyentuh, dan personal dengan tetap mengedepankan keselamatan dan kenyamanan berkendara.

Toyota tidak hanya menjual mobil, alat transportasi ringan ikut dikembangkan sebagai alat transportasitoyota Toyota tidak hanya menjual mobil, alat transportasi ringan ikut dikembangkan sebagai alat transportasi

Teknologi otonomos

Mobility for All jadi strategi pengembangan produk Toyota di masa depan dengan fokus pada teknologi autonomous.

Hal pertama yang dituju adalah sektor safety untuk meningkatkan keselamatan berkendara. Tidak hanya untuk meminimalisir korban, tapi juga mencegah terjadinya kecelakaan sejak dini.

Kedua, dengan adanya teknologi serba otomatis, mengurangi peran pengemudi, terutama lanjut usia, dalam mengambil keputusan krusial di jalan. Tidak hanya penting untuk mereka, namun juga untuk pengguna jalan lainnya.

Teknologi canggih pada Toyota LQ memudahkan pengoperasian hanya dengan perintah suaratoyota Teknologi canggih pada Toyota LQ memudahkan pengoperasian hanya dengan perintah suara
Obyektif terakhir adalah menciptakan masyarakat yang dimana setiap individunya dapat bergerak bebas, aman dan nyaman.

Environmental challenge 2050

Toyota memiliki rekam jejak yang panjang dalam mewujudkan kendaraan ramah lingkungan sebagai bagian dari inisiatif Toyota Environmental Challenge 2050. Toyota menargetkan akan menurunkan emisi gas buang kendaraan yang diproduksi di tahun 2050 hingga 90 persen dibandingkan level emisi pada 2010.

Toyota tidak hanya menjual mobil, alat transportasi ringan ikut dikembangkan sebagai alat transportasitoyota Toyota tidak hanya menjual mobil, alat transportasi ringan ikut dikembangkan sebagai alat transportasi
Guna mencapai target tersebut, disertai keinginan untuk selalu memuaskan kebutuhan konsumen di berbagai level produk, Toyota telah mengembangkan dan memproduksi Hybrid Electric Vehicle (HEV), Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV), Fuel Cell Electric Vehicle (FCEV), dan Battery Electric Vehicle (BEV).

Tokyo Motor Show (TMS) 2019 kali ini merupakan etalase yang tepat bagi Toyota untuk memperkenalkan ragam produk masa depan yang sesuai dengan kebutuhan mobilitas pecinta Toyota. Bahkan, beberapa produk akan mulai dipakai di ajang Olympic dan Paralympic Tokyo 2020 nanti.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com