Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Intip Spesifikasi SUV Asal China yang Diklaim Mirip Esemka Garuda 1

Kompas.com - 02/10/2019, 15:23 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Belum lama ini, PT Solo Manufaktur Kreasi (Esemka) membuat heboh dengan mengunggah foto mobil SUV yang bernama Garuda 1. Model itu akan menjadi mobil kedua yang diluncurkan Esemka setelah mobil pikap Bima.

Hal lain yang membuat heboh, karena Garuda 1 dikatakan sangat mirip dengan mobil asal China, yakni Foday Landfort. Tak sedikit yang menduga Garuda 1 hanyalah versi rebadge dari Foday Landfort.

Baca juga: Bocoran Harga Esemka Garuda 1, Cuma Rp 200 Jutaan

Foday Landfort juga dikenal dengan nama Lanfu. Mobil tersebut sudah meluncur sejak 2014 di China. Mobil SUV ini memiliki kapasitas tujuh penumpang.

SUV Esemka Garuda 1 SUV Esemka Garuda 1

Sementara untuk dimensi, Foday Landfort memiliki panjang 4.771 milimeter, lebar 1.870 mm, tinggi 1828 mm, jarak sumbu roda 2.790 mm dan jarak terendah ke tanah 217 mm.

Dari sektor mesin, Foday Landfort tersedia dalam dua pilihan mesin. Pertama, menggunakan mesin Mitsubishi 4G69S4N dengan kapasitas 2.378 cc. Kedua, menggunakan jantung pacu jenis diesel D19TCID1 dengan turbocharged yang berkapasitas 1.850 cc.

SUV Esemka Garuda 1 mulai menggodar dari sosial media SUV Esemka Garuda 1 mulai menggodar dari sosial media

Baca juga: Bocoran Spesifikasi Esemka Garuda 1 yang Siap Meluncur

Foday Landfort diproduksi hanya menggunakan transmisi manual. Jika memang Esemka Garuda 1 merupakan rebadge dari Foday Landfort, maka seharusnya mobil ini nantinya akan memiliki spesifikasi yang sama seperti Foday Landfort yang menggunakan mesin diesel.

Diketahui, Esemka sudah mendaftarkam Garuda 1 di lampiran Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 14 Tahun 2019 tentang Penghitungan Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor Dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor Tahun 2019.

SUV Esemka Garuda 1 SUV Esemka Garuda 1

Esemka Garuda 1 memiliki NJKB Rp 209.000.000 dan Dasar Perhitungan Pajak Kendaraan Bermotor (DP PKB) Rp 219.450.000. Dari daftar itu, terlihat juga spesifikasi Garuda 1 akan menggunakan mesin berkapasitas 2.000 cc dengan transmisi manual.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com