Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Mobil Perdesaan Disulap Jadi Truk Molen Sampai Dilirik Menperin

Kompas.com - 29/09/2019, 09:20 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Hari pertama Indonesia Modification Expo (IMX) 2019 dimeriahkan dengan pengumuman pemenang AMMDes (Alat Mekanis Multiguna Pedesaan) Digimodz. Setelah para peserta mengirimkan desain yang mereka buat, untuk pemenangnya, desain tersebut direalisasikan dalam skala 1:1.

Adalah Dandung Prasojo, desainer pekerja lepas asal Banyuwangi, Jawa Timur, yang menjadi pemenang dari kontes desain ini. Diberi nama AMMDes Builder, Dandung mengangkat konsep mini mixer truck untuk karyanya tersebut.

Baca juga: Tampil di TTG Nasional, AMMDes Dapat Pujian, Esemka Tuai Pesanan

"AMMDes yang ada sebelumnya, menurut saya, belum memperhatikan pembangunan. Saya ingin kalau di desa itu kan perlunya pembangunan atau mungkin renovasi bangunan-bangunan yang sudah rusak," ujar Dandung, kepada Kompas.com, di sela-sela IMX 2019, di Balai Kartini, Jakarta, Sabtu (28/9/2019).

AMMDes Builder, mini mixer truck pemenang AMMDes Digimodz di IMX 2019.Kompas.com/Donny AMMDes Builder, mini mixer truck pemenang AMMDes Digimodz di IMX 2019.

Dandung menambahkan, dengan AMMDes, maka pembangunan jalan dan bangunan di pedesaan bisa lebih terjangkau. Sebab, truk "molen" berukuran besar biasanya mengalami kesulitan dalam menjangkau daerah di pedesaan.

"Selain produk dalam negeri, AMMDes ini bentuknya sudah pas untuk pedesaan. Dia bisa melalui jalan-jalan di pedesaan," kata Dandung, menyebutkan keunggulan AMMDes.

Baca juga: AMMDes Jamilah Berhasil Pukau Menkes

Selain memodifikasi bagian belakang menjadi mini mixer, Dandung juga memberikan ubahan di bagian lampu depannya, agar terlihat lebih elegan.

AMMDes Builder, mini mixer truck pemenang AMMDes Digimodz di IMX 2019.Istimewa AMMDes Builder, mini mixer truck pemenang AMMDes Digimodz di IMX 2019.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, turut mengapresiasi AMMDes yang didesain oleh Dandung tersebut saat pembukaan IMX 2019.

"Jadi, modifikasi ini mendorong talenta-talenta muda untuk terus berkreasi, apalagi prototipenya dibangun oleh industrinya," ujar Airlangga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com