Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gerbang Tol Dibakar, Jasa Marga Upayakan Bisa Kembali Beroperasi

Kompas.com - 25/09/2019, 08:02 WIB
Stanly Ravel,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Aksi demo mahasiwa di depan gedung DPR RI, berujung ricuh. Selain arus lalu lintas terganggu, unjuk rasa ini juga mengakibatkan Gerbang Tol Pejompongan yang berada di Tol S.Parman, Jakarta Pusat, rusak parah, luluhlantak terbakar.

Lokasinya berada tepat di depan Gedung BPK.

Euas tol dalam kota yang mengarah ke titik demo pun terpaksa ditutup oleh PT Jasa Marga (Persero) Tbk, bersama dengan kepolisian.

Baca juga: Ada Demo, Ganjil Genap Sore di Jakarta Ditiadakan

Terkait masalah ini, Marketing and Communication Department Head Jasa Marga Regional JabodetabekJabar Irra Susiyanti, mengatakan, bila kejadian tersebut memang benar adanya.

Warga melintasi Gerbang Tol Pejompongan yang dibakar massa, di Jakarta, Selasa (24/9/2019). Demo mahasiswa yang berlangsung di depan Gedung DPR sejak tadi pagi berakhir ricuh, suasana tidak kondusif terjadi sejak sore hingga malam hari.ANTARA FOTO/ADITYA PRADANA PUTRA Warga melintasi Gerbang Tol Pejompongan yang dibakar massa, di Jakarta, Selasa (24/9/2019). Demo mahasiswa yang berlangsung di depan Gedung DPR sejak tadi pagi berakhir ricuh, suasana tidak kondusif terjadi sejak sore hingga malam hari.

"Betul memang ada fasilitas yang rusak karena demo tersebut, di Pejompongan dan Senayan. Untuk rekap pastinya kami belum ada, beberapa anggota masih melakukan pembersihan," ucap Irra saat dihubungi Kompas.com, Selasa (24/9/2019).

Sampai dengan malam hari, akses tol yang akan akan melewati tempat demonstrasi masih ditutup. Menurut Irra pihaknya belum mengetahui secara percis kapan ruas tersebut akan dibuka kembali.

Terkait masalah dibakarnya gerbang tol sendiri, diupayakan secepat mungkin akan ditangani agar bisa kembali siap untuk dioperasikan dan tak menggangu aktivitas masyarakat, khususnya pengguna tol.

"Setelah kondisinya dinyatakan aman oleh pihak kepolisian maka kedua jalur akan dioperasikan kemabli. Diupayakan kedua gerbang (Pejompongan dan Senayan) bisa dioperasikan lagi besok pagi," ujar Irra.

Baca juga: Jasa Marga Tutup Jalan Tol Dalam Kota yang Melintas di DPR dan MPR

Mahasiswa dari berbagai elemen melakukan unjuk rasa di depan Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (24/9/2019). Demo mahasiswa yang berlangsung di depan Gedung DPR sejak tadi pagi berakhir ricuh, suasana tidak kondusif terjadi sejak sore hingga malam hari.ANTARA FOTO/INDRIANTO EKO SUWARS Mahasiswa dari berbagai elemen melakukan unjuk rasa di depan Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (24/9/2019). Demo mahasiswa yang berlangsung di depan Gedung DPR sejak tadi pagi berakhir ricuh, suasana tidak kondusif terjadi sejak sore hingga malam hari.

Seperti diketahui, sejak unjuk rasa mulai pecah, para demonstran banyak yang masuk ke ruas tol dalam kota dan menblokadenya. Guna menjaga keamanan dan keselamatan pengguna jalan, Jasa Marga pun melakukan rekayasa lalu lintas dengan melakukan penutupan.

Lalu lintas dari arah Jagorawi dan Jakarta-Cikampek yang menuju Semanggi dialihkan ke Jatinegara, lalu lintas dari Jatinegara yang mengarah ke Semanggi di alihkan ke TMII. Sementara yang sudah terjebak di dalam tol menuju lokasi unjuk rasa dari Cawang, diputarbalikan di Semanggi dan, begitu juga yang dari arah Tomang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com