Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selain Calya, Toyota Siapkan 2 Mobil Baru Sampai Akhir Tahun 2019

Kompas.com - 05/09/2019, 08:22 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Toyota Astra Motor (TAM) mengonfirmasi tengah mempersiapkan dua sampai tiga produk baru untuk Indonesia sampai akhir tahun ini. Satu diantaranya bisa jadi Toyota Calya.

Mobil murah baru tersebut mulai ramai jadi perbincangan di media sosial setelah fotonya beredar di internet beberapa waktu lalu. Terlihat, Calya mendapat beberapa ubahan di bagian eksterior.

Dikonfirmasi, Executive General Manager TAM Fransiscus Soerjopranoto tak menampik akan hadirnya Calya baru dalam waktu dekat. Hanya saja ia masih enggan untuk mengatakan hal itu secara pasti.

"Kami memang sedang mempersiapkan peluncuran 2-3 produk baru lagi di akhir tahun ini. Ditunggu saja," katanya di acara Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2019 di Jakarta, Rabu (4/9/2019).

Baca juga: Foto Toyota Calya Baru Bocor, Ini Tanggapan Toyota

Bagian buritan Toyota Calya terbaruKompas.com Bagian buritan Toyota Calya terbaru

Menariknya, selain Calya, akan ada dua mobil yang bakal hadir. Berdasarkan bocoran, satu diantara adalah Corolla baru.

Sebagai informasi, Toyota Calya merupakan salah satu mobil andalan TAM yang terus menunjukkan perkembangan positif. Berdasarkan data penjualan Januari-Agustus 2019 (retail sales), mobil sudah terjual sebanyak 36.400 unit.

Kendati demikian, Toyota Avanza masih menduduki peringat teratas sebagai mobil paling laris di Toyota dengan kontribusi penjualan 50.500 unit, disusul oleh Rush dengan angka 38.000 unit.

Sedangkan berdasarkan data wholesales (dari pabrik ke diler) pada periode sama, Toyota Avanza berhasil mengukuhkan angka penjualan 55.500 unit, disusul Rush 37.400 unit, dan Kijang Innova 34.300, serta Calya 30.300 unit.

Pada tahun ini, Toyota Calya sempat mengalami penurunan penjualan dikarenakan berbagai hal. Berdasarkan data yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), mobil LCGC pada Januari-Mei 2019 turun sampai 16 persen, tak terkecuali Calya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com