Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Spesifikasi Toyota Supra yang Melantai di GIIAS 2019

Kompas.com - 19/07/2019, 14:30 WIB
Setyo Adi Nugroho,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Toyota Astra Motor (TAM) akhirnya menghadirkan GR Supra ke Indonesia di ajang GIIAS 2019. Mobil sport tersebut akan ditawarkan pada konsumen Toyota dengan banderol sekitar Rp 2 miliar.

Lantas apakah ada perbedaan spesifikasi dari unit yang hadir di Indonesia dengan negara lain? Wakil Presiden Direktur PT TAM Henry Tanoto mengungkapkan tidak ada perbedaan dengan unit lain karena GR Supra adalah produk global Toyota.

"Tidak ada perbedaan. Ini merupakan produk global GR Toyota pertama. Unit ini diproduksi di Magna Steyr, Graz Plant Austria," ucap Henry saat ditemui Kamis di GIIAS 2019, (18/7/2019).

Dari spesifikasi mesin, GR Supra yang hadir di Indonesia menggunakan mesin 2.998 inline 6 twin turbo dengan transmisi otomatis delapan percepatan. Mesin ini menghasilkan tenaga 340 tk dan torsi 500 Nm. Pilihan mesi 2.000 cc tidak masuk ke Tanah Air.

Toyota GR Supra hadir di GIIAS 2019Kompas.com/Setyo Adi Toyota GR Supra hadir di GIIAS 2019

Baca juga: Lebih Mahal dari Z4, Toyota Optimistis GR Supra Laris

Mobil sport ini memiliki dimensi panjang 4.380 mm, lebar 1.865 mm dan tinggi 1.295 mm. Jarak wheelbase 2.470 mm, lebih pendek 100 mm dari model Toyota 86.

Toyota mengincar distribusi bobot 50:50 untuk pengendalian yang sempurna di berbagai lintasan. Mesin yang diletakkan di depan dengan penggerak roda belakang menargetkan fokus berkendara maksimal.

Untuk interiornya, desainnya berorientasi pada pengemudi dengan konsep minimalis. Layar 8,8 inci jadi perhatian utama di tegah dasbor.

Pada bagian kaki-kaki, GR Supra menggunakan double joint spring strut di depan dan multi link di belakang yang berkarakter kaku untuk pengendalian sport. Ukuran bannya menggunakan 255/35R19 untuk depan dan 275/35R19 untuk belakang.

Platformnya menggunakan bahan aluminium dan baja untuk mengejar rigiditas. Nilai rigiditas ini bahkan diklaim lebih baik dari supercar Lexus LFA yang menggunakan bahan carbon fiber.

Terdapat beberapa fitur untuk menunjang keamanan dan kenyamanan seperti pre collision safety system, blind spot monitor, dynamic radar cruise control dan lane departure alert.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com