Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hasil MotoGP, Vinales Kalahkan Marquez di GP Assen

Kompas.com - 30/06/2019, 19:43 WIB
Aditya Maulana,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

ASSEN, KOMPAS.com - Maverick Vinales berhasil menjadi juara di GP Belanda yang berlangsung di Sirkuit Assen, Minggu (30/6/2019). Pebalap Yamaha itu berhasil mengalahkan Marc Marquez dan Fabio Quartarato.

Kemenangan ini menjadi yang pertama bagi Vinales pada musim 2019 ini, sekaligus sejak GP Australia musim 2018. Hasil ini sekaligus menjadi podium pertama bagi tim Movistar Yamaha untuk MotoGP 2019, atau dengan kata lain Yamaha akhirnya pecah telur di musim 2019.

Sejak awal balapan, Vinales sangat kompetitif bahkan beberapa kali bersaing dengan Marquez bersama Quartararo untuk merebut posisi pertama. Marquez pun harus puas mengisi urutan kedua, dan Quartararo di posisi ketiga. Selanjutnya posisi keempat dihuni pebalap Ducati, Andrea Dovizioso.

Jalannya Balapan

Usai lampu hijau menyala pebalap Suzui Alex Rins langsung mengambil alih posisi pertama, disusul rekan setimnya Joan Mir mengisi urutan kedua, dan Quartararo posisi ketiga.

Urutan keempat diisi oleh Vinales yang terus ganggu oleh Marquez. Putaran kedua Marquez pun berhasil menyalip Vinales dan persaingan urutan pertama hingga ketiga pun semakin ketat.

Namun sayang, Rins mengalami kecelakaan karena terjatuh. Urutan pertama langsung diambil alih oleh Quartararo posisi pertama, Vinales kedua dan Marquez ketiga. Hanya berjarak satu putaran, sang Baby Alien langsung berada di urutan kedua.

Sesekali Marquez menekan Quartararo. Sementara Valentino Rossi mengalami kecelakaan yang melibatkan Takaaki Nakagami sehingga tidak bisa melanjutkan balapan.

Balapan berlangsung beberapa putaran, Quartararo masih memimpin balapan meski terus mendapatkan tekanan dari Marquez. Begitu sebaliknya Vinales terus menekan pebalap tim Repsol Honda.

Sang Baby Alien berhasil menyalip Quartararo di trek lurus. Namun, tidak lama kembali disusul lagi oleh Rookie asal Perancis itu, karena pada tikungan kedua Marquez sedikit melebar.

Jarak ketiga pebalap itu semakin dekat, bahkan pebalap di urutan keempat, yaitu Dovizioso mencoba memperkecil jarak. Balapan tersisa 14 putaran lagi, Vinales berhasil menyalip Marquez dan terus menekan Quartararo.

Balapan tersisa 10 putaran lagi, Vinales menduduki urutan pertama dibayangi oleh Marquez. Selama beberapa putaran keduanya saling bersaing merebutkan posisi pertama.

Sementara Quartararto perlahan melambat dan mengisi urutan ketiga. Jarak dengan posisi kedua juga semakin jauh. Balapan tersisa tiga putaran lagi, posisi tiga besar masih dihuni oleh ketiga pebalap itu. Sampai akhirnya Vinales menjadi yang pertama menyentuh garis finish, disusul Marquez dan Quartararo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com