Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Lambretta Lindungi Motor dari Maling

Kompas.com - 01/05/2019, 12:22 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Lambretta V125 dan V200 Spesial belum dibekali kunci immobilizer sebagai salah satu fitur keamanan dari tindak kejahatan pencurian. Sebagai ganti untuk melindungi motor dari maling, Lambretta memilih pakai tombol engine cut off sebagai pengaman.

Secara kinerja tombol engine cut off ini tak beda dengan yang biasa diaplikasi pada sepeda motor jernis sport alias batangan. Hanya saja di Lambretta letaknya tersembunyi di dalam dek tengah bagian kanan.

Baca juga: 5 Moge Murah di Telkomsel IIMS 2019

Bentuk engine cut off di Lembretta juga berbeda di motor batangan. Di Lambretta warnanya kuning dengan dua modul, yaitu lock dan unlock. Aplikasinya dengan cara digeser ke atas atau ke bawah.

Engine cut off di Lambretta terletak di dalam dek tengah bagian kanan.KOMPAS.com/Gilang Engine cut off di Lambretta terletak di dalam dek tengah bagian kanan.

"Kunci kita masih biasa jadi kita pakai semacam engine cut off. Letaknya tersebunyi di dalam dek. Jadi ya semacam kunci rahasia. Kalau sedang parkir cukup ke posisi lock, motor aman," kata Adrianus Donny, Marketing Manager PT Skuter Motor Indonesia (SMI), pekan lalu.

Baca juga: 5 Motor Retro Modern di Bawah Rp 50 Juta di Telkomsel IIMS 2019

Meski begitu Donny tidak menampik immobilizer kini sering jadi rujukan sebagai sistem pengaman yang cukup efektif. Hanya saja dengan cara ini pun, ia yakin Lambretta sudah punya fitur keamanan yang mumpuni.

Immobilizer merupakan sistem pendeteksian atau pengenalan kunci. Ketika kunci yang masuk ke dalam kontak tidak dikenal, maka sistem akan bekerja menggagalkan proses dalam menghidupkan mesin.

Di dalam immobilizer terdiri dari berbagai bagian, mulai transponder chip yang ada di kunci, transponder qoil yang menempel pada lubang kunci, transponder key amplifier, transponder key ECU (electronnic control unit).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com