Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suzuki Indonesia, Kapan Mau Rakit Lokal Ignis, Baleno atau S-Cross?

Kompas.com - 06/03/2019, 08:42 WIB
Aditya Maulana,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Suzuki masih memiliki tiga model yang secara status masih diimpor utuh alias completely build-up (CBU) dari India. Daftarnya seperti Ignis, Baleno hatchback, dan SX-4 S-Cross, bahkan secara penjualan ketiga model ini relatif cukup bagus di Indonesia.

Sebut saja Ignis yang berhasil menjadi pemimpin di segmen mobil kota (city car) periode 2018, dengan total penjualan 13.802 unit, menguasai pangsa pasar 45,5 persen.

Menurut penjelasan 4W Sales Director Suzuki Indomobil Sales (SIS) Makmur, ketiga model tersebut bisa dirakit di pabrik Suzuki yang berada di Indonesia.

"Pasti bisa tergantung dari kita melakukan studinya. Hal tersebut juga yang sedang kita bahas terus sampai sekarang," ujar Makmur di kawasan Kemayoran, Jakarta Pusat, belum lama ini.

Baca juga: Suzuki Masih "Nego" untuk Bawa Jimny ke Indonesia

Indonesia sendiri, lanjut Makmur merupakan basis produksi atau pilar ketiga Suzuki di dunia setelah Jepang, dan India. Masing-masing negara memiliki model yang tidak sama dalam hal memproduksi mobil, termasuk kepercayaan Suzuki yang memberikan Indonesia merakit APV.

Suzuki Ignis salah satu model yang ditawarkan Suzuki di IIMS 2018Kompas.com/Setyo Adi Suzuki Ignis salah satu model yang ditawarkan Suzuki di IIMS 2018

"Sebagai contohnya itu, karena memang setiap negra tidak sama, APV saja hanya Indonesia yang produksi. Pastinya kita juga ke depan akan nemambah model untuk yang dirakit di Indonesia," kata Makmur.

Apalagi tahun ini, SIS akan lebih fokus kepada model yang sudah dirakit di Tanah Air, seperti Carry dan Ertiga. Bahkan secara penjualan pun cukup tinggi atau berkontribusi besar pada penjualan Suzuki Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com