Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rossi Sebut Pebalap Indonesia Bernyali Besar

Kompas.com - 18/01/2019, 16:27 WIB
Setyo Adi Nugroho,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Sumber gpone

JAKARTA-, KOMPAS.com - Meski di lintasan hadir sebagai rival, Valentino Rossi menaruh kekaguman pada Marc Marquez. Ini diungkapkan Rossi dalam wawancara dengan radio di Milan Italia.

Rossi mengungkapkan banyak pebalap gemar mengambil resiko, salah satunya ada Marquez. Rossi mengungkapkan Marquez terus terjatuh tapi selalu bangkit kembali.

"Marc banyak mengambil resiko, ia sangat berani dan terkadang tampil tanpa rasa takut. Ia terjatuh, bangkit, berlari ke garasi dan kembali ke atas motor," ucap Rossi seperti dikutip GPone.com, Jumat (18/1/2019).

Rossi sendiri mengaku punya ketakutan, sama dengan pebalap lain. Meski masing-masing orang memiliki sikap berbeda mengatasi ketakutan itu.

Baca juga: Rossi Pasrah Bila Yamaha Fokus ke Vinales

"Dengan pengalaman dan berlalunya waktu, kita jadi tahu bagaimana menghadapi sirkuit dan tikungan juga lebih hati-hati. Pebalap Moto2 dan Moto3 pasti lebih berani. Pebalap yang paling berani? Saya bisa bilang pebalap Jepang dan Indonesia serta Inggris paling berani di lintasan terutama dalam kondisi basah," ucap Rossi.

Rossi mengaku memerhatikan kiprah rivalnya sebab itu yang dilakukan sesama pebalap. Termasuk untuk mengetahui rahasia strategi yang digunakan pebalap lainnya.

"Bagaimana mereka berlatih dan sebagainya. Juga soal nutrisi makanan. Kebanyakan seperti itu," ungkap Rossi.

Rossi sendiri berfokus pada musim 2019 dimana musim ini ia akan berlaga pada usia 40 tahun. Ia berharap tetap tampil kompetitif.

Juara dunia tujuh kali itu punya mimpi untuk terus berada di kejuaraan dunia. Perbedaannya sekarang pebalap memulai balapan dari usia muda.

"Saya sendiri tidak menyangka masih balapan sampai usia 40. Tidak normal memang tapi paling penting tetap kompetitif. Saat saya tanda tangani kontrak tahun lalu saya masih yakin dengan meningkatkan kemampuan motor, saya bisa lebih kuat," ucap Rossi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com