Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Prediksi Gaikindo, Tahun Politik Tak Ganggu Penjualan Mobil

Kompas.com - 10/01/2019, 07:22 WIB
Aditya Maulana,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua I Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Jongkie Sugiarto memprediksi penjualan mobil baru untuk 2019, kurang lebih sama seperti tahun lalu, yaitu sekitar 1,1 juta unit.

Jongkie menjelaskan, meskipun 2019 ini merupakan tahun politik, tetapi tidak akan berpengaruh negatif terhadap penjualan mobil di Tanah Air.

"Kalau tahun lalu pencapaiannya kurang lebih 1,105 juta unit, harapan kami tahun ini sama atau bisa lebih dari itu, tetapi minimum 1,1 juta unit," ucap Jongkie saat dihubungi Kompas.com, Rabu (9/1/2019).

Baca juga: Pajak Mobil Impor Dinaikkan, Ini Kata Gaikindo

Pertumbuhan ekonomi tahun ini, kata Jongkie juga kurang lebih sama seperti 2018, oleh sebab itu Gaikindo menetapkan target tidak jauh berbeda seperti tahun lalu.

Selain itu, daya beli masyarakat juga diperkirakan punya potensi untuk tumbuh. Namun, harus dilihat dulu dalam kurun waktu enam bulan pertama pada tahun ini.

"Sejauh ini kami melihatnya positif, tahun politik ini juga kami harapkan bisa mendorong pertumbuhan industri khususnya otomotif, apalagi di Indonesia sekarang ini semakin banyak merek baru yang berinvestasi," ujar Jongkie.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com