Hari Ini, Jalan Tol Jakarta-Surabaya Akhirnya Tersambung

Kompas.com - 20/12/2018, 15:18 WIB
Jalan tol Jakarta-Surabaya resmi tersambung Jalan tol Jakarta-Surabaya resmi tersambung
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com — Jelang libur Natal dan tahun baru, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) akhirnya meresmikan empat ruas tol di Jawa Timur, Kamis (20/12/2018). Dengan persemian dan pembukaan tersebut, artinya dari Jakarta ke Surabaya sudah tersambung dan bisa dilalui sepanjang 741 km.

Empat ruas tol yang diresmikan adalah Jalan Tol Ngawi-Kertosono-Kediri Segmen Wilangan-Kertosono sepanjang 38 kilometer, Jalan Tol Gempol-Pasuruan Segmen Pasuruan-Grati sepanjang 14 km, Jalan Tol Surabaya-Gempol Seksi Relokasi Porong-Gempol 6 km, dan Jalan Tol Jombang-Mojokerto Seksi Bandar-Kertosono sepanjang 1 km.

"Pagi hari ini akan kita resmikan empat ruas jalan tol di Provinsi Jawa Timur, yaitu Wilangan-Kertosono, Kertosono-Bandar dan Relokasi Porong-Gempol serta Pasuruan-Grati, sepanjang 59 km dan nantinya di Jawa Tengah akan diresmikan Pemalang-Batang, Batang-Semarang, Salatiga-Kartasura sepanjang 142 km," ucap Jokowi dalam siaran resmi PT Jasa Marga, Kamis (20/12/2018).

Baca juga: Jajal Tol Baru di Jawa Timur dan Jawa Tengah

Persemian berlangsung di Simpang Susun Bundar KM 671 Tol Jombang-Mojokerto. Dari keempat jalan tol yang diresmikan, tiga di antaraanya dikelola Jasa Marga dan Kelompok Usaha Jasa Marga, yakni Tol Ngawi-Kertosono-Kediri oleh PT Jasamarga Ngawi Kertosono Kediri, Jalan Tol Gempol-Pasuruan oleh PT Jasamarga Gempol Pasuruan, Jalan Tol Surabaya-Gempol Relokasi Porong-Gempol dioperasikan oleh Cabang Surabaya-Gempol.

Menjajal tol baru di Jawa Timur dan Jawa TengahMMKSI Menjajal tol baru di Jawa Timur dan Jawa Tengah
"Kita harapkan dengan telah selesainya dan tembusnya Jakarta-Surabaya ini, kita ingin infrastruktur betul-betul punya manfaat. Lebih memudahkan, lebih murah, dan lebih cepat,” kata Jokowi.

Baca juga: Jelang Akhir Tahun, Pembangunan di Tol Jakarta-Cikampek Stop Sementara

Selesai melakukan peresmian, Jokowi juga langsung mencoba jalan tol baru tersebut sepanjang 341 km dari Surbaya menuju Kali Kuto, Kendal, Jawa Tengah. Dirinya akan kembali meresmikan tiga jalan tol di Jawa Tengah pada hari yang sama, yakni Tol Pemalang-Batang, Jalan Tol Batang-Semarang, dan Jalan Tol Semarang-Solo Segmen Salatiga-Kartasura pada hari yang sama.

Menurut keterangan Jasa Marga, setelah diresmikan tujuh ruas tol ini mulai bisa dilintasi pada malam hari nanti. Masyarakat yang hendak melintas saat liburan atau pulang kampung pun sudah bisa melalui tol tersebut.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X