Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Listrik Blits Tersendat Sebelum Masuk Medan

Kompas.com - 19/12/2018, 07:42 WIB
Aditya Maulana,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perjalanan mobil listrik Blits (Budi Luhur-ITS) di Sumatera terkendala. Sekitar 60 km menuju ke Medan, Sumatera Utara mengalami tabrakan beruntun dengan mobil patwal dan kru PLN Blits Explore Indonesia.

Akibat insiden itu, kondisi mobil listrik karya mahasiswa itu mengalami kerusakan pada bagian depan dan belakang. Alhasil harus di towing hingga ke Medan, untuk langsung diperbaiki karena harus tetap menjalani misi keliling nusantara sejauh 15.000 km.

"Kerusakan terparah terjadi pada Blits, karena bagian depan menabrak mobil patwal dan belakang ditabrak Kasuari. Insiden ini tidak menyurutkan semangat kami untuk menyelesaikan misi ini," kata Yoga Uta Nugraha, Projeck Leader Blits dalam siaran resmi, Selasa (18/12/2018).

Baca juga: Setelah Sabang-Merauke, Mobil Listrik BLITS Ikut Reli Dakar

Tiba di Medan, Blits langsung diperbaiki sementara Kasuari tetap bisa berjalan seperti biasa. Perjalanan hingga Aceh akan dimulai lagi dalam beberapa hari ke depan, setelah kondisi mobil listrik itu pulih lagi.

Ekspedisi menggunakan mobil listrik Blits dan Kasuari tiba di Jakarta. Tim Eksplor Indonesia ini akan menempuh jarak 15.000 km keliling Indonesia untuk menguji coba mobil listrik buatan mahasiswa tersebutKompas.com/Setyo Adi Ekspedisi menggunakan mobil listrik Blits dan Kasuari tiba di Jakarta. Tim Eksplor Indonesia ini akan menempuh jarak 15.000 km keliling Indonesia untuk menguji coba mobil listrik buatan mahasiswa tersebut

"Dalam insiden ini yang paling penting kru dalam keadaan selamat. Semua bisa diatasi dengan normal dan semangat kami masih tetap tinggi," kata dia.

Sejauh ini, Blits sudah menempuh jarak 3.584 km, dan Medan merupakan kota keenam setelah Surabaya, Jakarta, Bengkulu, Palembang, Padang. Setiap perjalanan selalu dihadapi oleh beragam rintangan, tetapi itu tidak menyueutkan semangat untuk menuntaskan misi keliling Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com