Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jeblok di Kualifikasi, Rossi Salahkan Ban

Kompas.com - 21/10/2018, 10:02 WIB
Setyo Adi Nugroho,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

MOTEGI, KOMPAS.com - Pebalap Yamaha Valentino Rossi harus memulai start dari posisi ke 9 dalam balapan GP Jepang yang akan berlangsung, Minggu (21/10/2018). Hasil yang tidak terlalu memuaskan ini terjadi karena tim Yamaha melakukan kesalahan saat kualifikasi kedua yang berlangsung Sabtu (20/10/2018).

"Ada kesalahan dalam setting tekanan udara pada ban. Saya tidak memiliki cengkraman pada ban dan tidak dapat meningkatkan waktu lebih cepat. Sangat disayangkan sebab saya merasakan motor bekerja sangat baik," ungkap Rossi dikutip dari Speedweek.com.

Rossi mengungkapkan, saat tekanan ban di level normal ia merasa bisa berada di posisi start baris kedua yang merupakan target Rossi saat kualifikasi. Rossi juga meyakini di Motegi ini, berada di enam besar adalah level kompetisi yang bisa ia lakukan saat ini.

Soal ban, Rossi membandingkan dengan kondisi di Buriram beberapa minggu lalu. Ban yang dipakai di Thailand menurut Rossi memiliki konstruksi yang lebih keras.

Baca juga: Giliran Pedrosa Tercepat, Rossi dan Vinales Tercecer

"Tim lain dapat memanfaatkan ban ini saat menggunakan kompon keras di kualifikasi dan latihan bebas. Mereka bisa mencocokkan ban dengan performa motor. Tapi di motor Yamaha ban tersebut masih terlalu lunak. Artinya bagi Yamaha saat menggunakan ban berkompon keras akan lebih cocok. Ditambah cuaca panas Thailand, maka cocok dengan mesin Yamaha M1," ucap Rossi berkomentar soal hasil berbeda antara Motegi dan Buriram.

Rossi lantas mengungkapkan Yamaha perlu memperbaiki masalah elektronik yang tak kunjung usai. Meski demikian, Rossi tidak selalu mempermasalahkan elektronik karena dalam sepeda motor keseluruhan komponen yang membuat performanya berbeda.

"Saya harap Yamaha dapat menemukan sesuatu yang membawa kita bergerak lebih jauh karena masih ada tiga seri balapan lagi. Saya ingin tetap di tiga besar juara dunia. Itu akan sangat penting. Balapan di Sepang akan sangat menentukan kemudian kita akan punya tes di November di Valencia dan Jerez. Di sana kita akan mencoba hal baru untuk tahun depan," ucap Rossi.

Rossi saat ini berada di tempat ketiga klasemen pebalap MotoGP dengan 172 poin. Ia sudah tertinggal jauh dari Marc Marquez di posisi puncak dengan 271 poin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com