Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pantauan Dua Hari Pertama Uji Coba E-TLE

Kompas.com - 02/10/2018, 20:21 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Uji coba uji coba tilang elektronik atau electronic traffic law enforcment (ETLE) mulai dilaksankan pada Senin 1 Oktober 2018. Setidaknya sampai hari ini, penyelenggaraan sudah berlangsung dua hari.

Memantau ke langsung di lokasi pemasangan Closed Circuit Television (CCTV) di Simpang Sarinah, di mana beberapa kamera sudah terpasang. KOMPAS.com melihat ada juga papan pemberitahuan, kalau daerah tersebut sudha diberlakukan tilang elektronik.

Tak banyak petugas yang berjaga, hanya dua orang dari Dinas Perhubungan tanpa didampingi personel kepolisian.

Menanyakan perihal perilaku berkendara pasca uji coba, dibandingkan dengan sebelumnya, Andi Wenny dari Dinas Perhubungan mengatakan, ada perubahan ke arah lebih baik. Namun, memang masih belum terasa signifikan.

Baca juga: Selama Masa Uji Coba Belum Ada Tindakan Tilang Elektronik

Kamera CCTV yang sudah terpasang di Simpang Sarinah Jalan MH Thamrin, untuk implementasi ETLE atau tilang elektronik.KOMPAS.com / GHULAM M NAYAZRI Kamera CCTV yang sudah terpasang di Simpang Sarinah Jalan MH Thamrin, untuk implementasi ETLE atau tilang elektronik.

“Jika melihat perilaku pengendara itu sudah lumayan, tapi masih banyak juga yang melanggar. Seperti lawan arah dan belok kiri langsung,” ujar Andi kepada KOMPAS.com, Selasa (2/10/2018).

“Persentase perbaikan 30 persenan, sisanya 70 persen masih belum. Jadi bisa dikatakan kalau masyarakat belum sepenuhnya sadar, tapi sudah lumayan lah,” ucap Andi.

Soal kapan perbaikan mulai signifikan, Andi menyebut butuh waktu. Dirinya memberikan contoh persamaan seperti pemberlakuan ganjil-genap, di mana pada masa uji coba masih banyak pelanggaran.

Uji coba rencananya akan dilakukan selama 1 bulan. Selama uji coba, polisi tak melakukan penindakan kepada para pelanggar lalu lintas.

Uji coba ETLE atau tilang elektronik berlaku selama satu bulan sejak 1 Oktober 2018.KOMPAS.com / GHULAM M NAYAZRI Uji coba ETLE atau tilang elektronik berlaku selama satu bulan sejak 1 Oktober 2018.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com