Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Balapan MotoGP Pernah Digeser ke Hari Senin Karena Hujan

Kompas.com - 27/08/2018, 07:24 WIB
Alsadad Rudi,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Seri MotoGP di Sirkuit Silverstone, Inggris dibatalkan menyusul cuaca buruk yang terus terjadi pada Minggu (26/8/2018). Setelah menunggu sekitar 5,5 jam, "Race Director" memutuskan balapan tak dapat digelar karena trek dinilai tidak aman bagi pebalap.

Beberapa jam sebelumnya, sempat ada wacana untuk menunda balapan pada keesokan harinya, tepatnya pada Senin (27/8/2018). Namun opsi itu tidak diambil. Race Director lebih memilih menunggu hujan reda, walaupun akhirnya situasi yang diharapkan tersebut tak kunjung tiba.

Kondisi hampir mirip yang terjadi di Silverstone pernah terjadi pada seri MotoGP di Sirkuit Qatar pada musim 2009. Saat itu, balapan yang sedianya digelar pada Minggu (12/4/2009), terpaksa dibatalkan menyusul hujan yang terus mengguyur sirkuit.

Baca juga: Cuaca Buruk, MotoGP Inggris Dibatalkan

Namun ketika itu tak terjadi pembatalan permanen. Sebab jadwal akhirnya digeser pada Senin (13/8/2009). Inilah terakhir kalinya balap MotoGP dihelat pada hari Senin.

Hujan yang mengguyur Sirkuit Losail, Qatar pada Seri MotoGP 2009. Kondisi tersebut memaksa pergeseran balap dari Minggu ke Senin.Mototribu Hujan yang mengguyur Sirkuit Losail, Qatar pada Seri MotoGP 2009. Kondisi tersebut memaksa pergeseran balap dari Minggu ke Senin.

Dalam balapan seri pembuka tersebut, pebalap Ducati ketika itu, Casey Stoner berhasil menjadi pemenang. Pebalap Australia itu unggul atas duo FIAT Yamaha, Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo yang harus puas finish di posisi kedua dan ketiga.

Sementara itu, mengenai seri balap yang dibatalkan diketahui terahir kali terjadi pada Seri Austria pada musim MotoGP 1980. Ketika itu Seri Austria tak dapat digelar karena trek yang tertutup salju.

Baca juga: Jadwal Start GP Inggris di Silverstone Delay

Sedangkan pada Seri MotoGP di Sirkuit Sepang, Malaysia musim 2011, balapan dihentikan saat baru berlangsung beberapa lap menyusul kecelakaan yang menimpa Marco Simoncelli. Nyawa Simoncelli pada akhirnya tak dapat diselamatkan walau sempat dilarikan ke rumah sakit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com