Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

MotoGP di Silverstone Bisa Dibatalkan

Kompas.com - 26/08/2018, 07:42 WIB
Setyo Adi Nugroho,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

SILVERSTONE, KOMPAS.com - Setelah sesi kualifikasi yang berantakan akibat hujan dan genangan air di sirkuit Silverstone, pihak penyelenggara MotoGP memutuskan untuk mengubah jadwal balapan Minggu (26/8/2018). Keputusan ini diambil Race Director MotoGP Mike Webb untuk memastikan ketiga kelas balapan MotoGP dapat berlangsung dengan baik.

Webb mengungkapan alasan mengapa pihaknya harus mengambil keputusan tersebut. Balapan kelas MotoGP misalnya, dari yang harusnya berlangsung 19.00 WIB diubah menjadi 17.30 WIB.

"Namun jika ada satu dan lain hal yang tidak dapat dihindari dalam penyelenggaraan balapan kali ini, ada kemungkinan kecil kami akan membatalkan jalannya balapan," ucap Webb seperti dikutip dari Crash.net, Sabtu (25/8/2018).

Keputusan ini diambil setelah kecelakaan hebat yang menimpa Tito Rabat pebalap tim Reale Avintia saat di latihan bebas keempat. Ia mengalami patah tulang di kaki kanan.

Prakiraan cuaca di sirkuit Silverstone, Minggu (26/8/2018) pun tidak terlalu baik. Diperkirakan hujan deras saat siang hari ketika akan berlangsungnya lomba.

Baca juga: Lorenzo Start Terdepan di GP Inggris

Pihak MotoGP pun memindahkan balapan kelas MotoGP akan lebih dulu dilanjutkan dengan Moto3 dan Moto2. Alasannya, mesin besar cenderung dapat terkena efek aquaplane karena lebih berat dibanding motor Moto2 dan Moto3 yang lebih kecil dan ringan.

"Kalau hujannya normal dengan debit air normal tentu tidak akan bermasalah di atas trek dengan lapisan baru ini. Yang dikhawatirkan adalah hujan singkat dengan debit air yang cukup besar, tipe hujan yang diperkirakan akan hadir di sepanjang waktu balapan besok," ucap Webb.

Ketika ditanyakan mengenai waktu yang dipilih yakni 11.30 waktu lokal atau 17.30 WIB, Webb mengungkapkan itu dilakukan setelah berdiskusi dengan tim balap MotoGP. Ketika ditanyakan waktu tercepat mereka dapat mempersiapkan balapan, waktu tersebut yang jadi hasilnya.

"Sebelum mengambil keputusan kami duduk bersama dengan tim-tim balap dan ini hasilnya. Mereka cukup siap dan senang mendapatkan waktu lebih cepat. Kami sendiri menawarkan sesi pemanasan yang lebih awal bahkan lebih singkat untuk dapat membuat balapan berjalan lebih dini," ucap Webb.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com