Cuaca Buruk, MotoGP Inggris Dibatalkan

Kompas.com - 26/08/2018, 23:22 WIB

SILVERSTONE, KOMPAS.com - Setelah ditunda selama lebih dari lima jam akibat cuaca hujan yang cukup deras, gelaran GP Inggris Minggu (26/8/2018) akhirnya dibatalkan. Pembatalan ini dilakukan di tiga kelas MotoGP yakni MotoGP, Moto2 dan Moto3.

Keputusan ini diambil Race Director bersama dengan tim balap dan pebalap yang akan berlaga di sirkuit tersebut. Hujan cukup deras dimulai sejak siang saat kelas MotoGP akan dimulai dan tidak reda selama penundaan.

Masalah hujan ini sudah menghantui pebalap MotoGP sejak latihan bebas keempat, Sabtu (25/8/2018) atau sesaat sebelum sesi kualifikasi. Dalam latihan tersebut pebalap Tito Rabat harus mengalami kecelakaan akibat mengenai bagian trek yang terendam air.

Sirkuit Silverstone yang mengalami pengaspalan ulang disebutkan membuat cengkeraman lebih baik dibanding permukaan aspal terdahulu. Sayangnya kondisi cuaca di Inggris yang saat ini tengah hujan deras tidak diantisipasi dengan baik terutama dari desain pembuangan air.

Baca juga: Jadwal Start GP Inggris di Silverstone Delay

Akibatnya, beberapa bagian sirkuit Silverstone tergenang. Para pebalap, terutama di kelas MotoGP menakutkan efek dari genangan air tersebut terhadap keselamatan mereka. Sebab untuk ukuran motor MotoGP menabrak genangan air tersebut akan membuat efek aquaplaning dimana ban tidak menapak di permukaan aspal.

Beberapa saat sebelumnya pebalap MotoGP mencoba keluar dari garasi mereka untuk menjajal permukaan aspal. Setelahnya dilakukan pertemuan dengan tim dan diputuskan jalannya balapan ditunda.

Ini adalah kali pertama laga MotoGP seluruhnya dibatalkan dengan semua balapan tidak dilangsungkan sejak Austria 1980. Ketika itu kondisi sirkuit dipenuhi salju.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.