Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cuaca Buruk, MotoGP Inggris Dibatalkan

Kompas.com - 26/08/2018, 23:22 WIB
Setyo Adi Nugroho,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

SILVERSTONE, KOMPAS.com - Setelah ditunda selama lebih dari lima jam akibat cuaca hujan yang cukup deras, gelaran GP Inggris Minggu (26/8/2018) akhirnya dibatalkan. Pembatalan ini dilakukan di tiga kelas MotoGP yakni MotoGP, Moto2 dan Moto3.

Keputusan ini diambil Race Director bersama dengan tim balap dan pebalap yang akan berlaga di sirkuit tersebut. Hujan cukup deras dimulai sejak siang saat kelas MotoGP akan dimulai dan tidak reda selama penundaan.

Masalah hujan ini sudah menghantui pebalap MotoGP sejak latihan bebas keempat, Sabtu (25/8/2018) atau sesaat sebelum sesi kualifikasi. Dalam latihan tersebut pebalap Tito Rabat harus mengalami kecelakaan akibat mengenai bagian trek yang terendam air.

Sirkuit Silverstone yang mengalami pengaspalan ulang disebutkan membuat cengkeraman lebih baik dibanding permukaan aspal terdahulu. Sayangnya kondisi cuaca di Inggris yang saat ini tengah hujan deras tidak diantisipasi dengan baik terutama dari desain pembuangan air.

Baca juga: Jadwal Start GP Inggris di Silverstone Delay

Akibatnya, beberapa bagian sirkuit Silverstone tergenang. Para pebalap, terutama di kelas MotoGP menakutkan efek dari genangan air tersebut terhadap keselamatan mereka. Sebab untuk ukuran motor MotoGP menabrak genangan air tersebut akan membuat efek aquaplaning dimana ban tidak menapak di permukaan aspal.

Beberapa saat sebelumnya pebalap MotoGP mencoba keluar dari garasi mereka untuk menjajal permukaan aspal. Setelahnya dilakukan pertemuan dengan tim dan diputuskan jalannya balapan ditunda.

Ini adalah kali pertama laga MotoGP seluruhnya dibatalkan dengan semua balapan tidak dilangsungkan sejak Austria 1980. Ketika itu kondisi sirkuit dipenuhi salju.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com