Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nissan Terra di Indonesia dan Filipina Berbeda?

Kompas.com - 12/08/2018, 11:32 WIB
Setyo Adi Nugroho,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Nissan telah memperkenalkan produk terbarunya Terra di ajang GIIAS 2018. SUV tujuh penumpang itu awalnya dikenalkan di Filipina Mei tahun ini.

Jika membandingkan kedua produk di kedua negara, apakah ada perbedaan spesfikasi di antara keduanya?

General Manager R&D PT Nissan Motor Indonesia (NMI) Masayuki Ohsugi mengungkapkan pihaknya tidak mengetahui perbedaan fitur atau spesiikasi kedua model sebab produk Filipina tersebut tidak dijual di Indonesia. Namun yang ia dapat pastikan adalah kehadiran Terra sudah disesuaikan dengan kebutuhan di tiap pasarnya.

"Biasanya tergantung kebutuhannya. Dari semua mobil, dilihat konsumennya butuh atau tidak, jadi tambahan nilai atau tidak," ucap Ohsugi di sela acara GIIAS 2018.

Ohsugi menjelaskan, konsep kendaraan Nissan masuk di suatu pasar, misalnya Indonesia, bukan dikurangi. Namun dilihat kebutuhan konsumen di Indonesia seperti apa, fiturnya bisa menyesuaikan.

Baca juga: Alasan Logis Nissan Terra Tanpa Sunroof

Meski banyak pertanyaan mengenai perbedaan keduanya di negara masing-masing, Ohsugi tidak mengetahui secara detail. Sebab pihaknya tidak bertanggung jawab terhadap model Terra di Filipina.

Salah satu yang dilakukan Nissan untuk menjawab kebutuhan pasar Indonesia adalah pihaknya melakukan tes melewati banjir. Ini dikarenakan situasi banjir jadi hal yang kerap terjadi di beberapa wilayah di Indonesia.

"Untuk tes melewati banjir kami sudah melakukannya. Terra masih aman melewati genangan hingga ketinggian 60 cm," ucap Ohsugi.

Terra menggunakan mesin 2.488 cc dengan tenaga maksimal 190 ps di 3.600 rpm dan torsi maksimal 450 Nm di 2.000 rpm. SUV ini dibanderol mulai Rp 460 jutaan dan mengusung beragam fitur seperti airbag support untuk penumpang, ABS EBD, VDC, lane departure warning, inclometer, serta penggerak 4x4.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com