Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cafe Racer, Aliran Modifikasi yang Masih Digemari

Kompas.com - 25/07/2018, 12:24 WIB
Alsadad Rudi,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

DEPOK, KOMPAS.com - Cafe racer adalah salah satu aliran modifikasi sepeda motor yang kini cukup banyak digemari. Modelnya terinspirasi dari motor balap yang digunakan pada zaman dulu.

Salah satu ciri khas yang melekat dari aliran ini adalah bentuk bagian belakang yang menyerupai buntut tawon. Dalam dunia modifikasi, bentuk ini lazim disebut hornet.

Salah satu bengkel yang ikut mengerjakan ubahan bergaya cafe racer adalah Mr Classic di Cimanggis, Depok. Basisnya mengambil dari Honda GL100.

Baca juga: Honda Ketahuan Tengah Persiapkan Cafe Racer Terbaru

Modifikasi Honda CB100 bergaya caferacer yang dikerjakan bengkel Mr Classic, Cimanggis, Depok.Kompas.com/Alsadad Rudi Modifikasi Honda CB100 bergaya caferacer yang dikerjakan bengkel Mr Classic, Cimanggis, Depok.

Beberapa ubahan mencolok yang dilakukan meliputi headlamp yang diganti dengan model bulat dengan tambahan windshield, setang jepit, dan buntut belakang yang diperpendek sehingga tidak ada lagi jok untuk boncenger (single seater).

Untuk spare part dan aksesori yang digunakan, hampir seluruhnya merupakan custom dari bengkel Mr Classic. Untuk biaya keseluruhannya sendiri tercatat mencapai sekitar Rp 15 juta.

"Itu sudah termasuk ongkos pengerjaan, cat, plus perbaikan mesin," kata builder Mr Classic, Peci Gimbal saat ditemui Kompas.com, Selasa (24/7/2018).

Baca juga: 2 Model Cafe Racer Husqavarna Pamer Diri di IIMS 2018

Kawasaki W175 yang dimodifikasi bergaya caferacer. Pengerjaannya dilakukan oleh bengkel custom Katros Garage yang berlokasi di kawasan Bintaro, Tangerang Selatan.Kompas.com/Alsadad Rudi Kawasaki W175 yang dimodifikasi bergaya caferacer. Pengerjaannya dilakukan oleh bengkel custom Katros Garage yang berlokasi di kawasan Bintaro, Tangerang Selatan.

Belum lama ini, modifikasi bergaya cafe racer juga dilakukan oleh bengkel Katros Garage yang berlokasi di kawasan Bintaro, Tangerang Selatan. Basisnya mengambil dari Kawasaki W175.

Tak hanya itu, putra Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka juga pernah memodifikasi motor Honda CB125-nya menjadi bergaya aliran ini. Motor tersebut bahkan sempat dipamerkan saat gelaran Indonesia Intenational Motor Show (IIMS) 2018.

Presiden Joko Widodo menaiki salah satu sepeda motor Honda CB 125 lawas yang dipamerkan di stan Increase saat berlangsungnya hari pertama pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018, di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Kamis (19/4/2018). Motor yang dimodifikasi bergaya caferacer merupakan milik putra sulung Jokowi, Gibran Rakabuming.Kompas.com/Alsadad Rudi Presiden Joko Widodo menaiki salah satu sepeda motor Honda CB 125 lawas yang dipamerkan di stan Increase saat berlangsungnya hari pertama pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018, di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Kamis (19/4/2018). Motor yang dimodifikasi bergaya caferacer merupakan milik putra sulung Jokowi, Gibran Rakabuming.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com