Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kia Sulit Bersaing Pakai Strategi Diskon Besar

Kompas.com - 23/07/2018, 14:25 WIB
Aditya Maulana,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Rata-rata merek otomotif asal Jepang selalu memberikan program diskon besar-besaran kepada konsumen. Misal, potongan harga di kelas mobil sejuta umat (low multi purpose vehicle/LMPV) bisa sampai puluhan juta rupiah.

Merek otomotif asal Korea Selatan, Kia pun melontarkan sindiran. General Manager Business Development PT Kia Mobil Indonesia (KMI) Harry Yanto mengatakan, mobil Kia itu mobil murah.

"Dari Korea Selatan itu tidak bikin mobil murah, tetapi kami bicara mengenai kualitas yang bagus, sehingga kita tidak bisa memberikan diskon besar-besaran," kata Harry pekan lalu di kawasan Pluit, Jakarta Utara.

Baca juga: Kia Pastikan Grand Sedona Diesel Tanpa Inden

Kualitas yang bagus, lanjut Harry konsekuensinya ke harga yang sedikit lebih mahal, tetapi dari sisi keamanan dan kenyamanan lebih maksimal, daripada yang memberikan diskon besar-besaran tetapi tidak punya kualitas.

Baca juga: Dampak Negatif Perang Diskon buat Balai Lelang Mobil

"Karena yang kita datangkan dan jual di Indonesia itu bukan mobil murahan, tetapi semua punya kualitas tinggi," ucap Harry.

Sekalinya ada diskon, menurut Harry tidak sampai puluhan juta rupiah. Contoh, mulai Rp 30 juta, hingga di atas 50 juta untuk satu model.

"Kita biasa-biasa saja, kalau diskon tetap ada memang karena itu merupakan salah satu stretegi juga," ujar Harry.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com