Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kia Kesulitan Bawa Picanto Terbaru ke Indonesia

Kompas.com - 23/07/2018, 07:22 WIB
Aditya Maulana,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Performa penjualan Kia Picanto secara wholesales (pabrik ke diler) sepanjang 2017 hanya terjual 111 unit. Bahkan sampai semester pertama 2018, merek asal Korea Selatan itu sama sekali tidak menjual mobil kota (city car) itu di Tanah Air.

Padahal, model terbaru Picanto sudah cukup lama dijual di Korea Selatan dan beberapa negara lain. Lantas, kenapa belum juga dibawa ke Indonesia?

Menurut Ridjal Mulyadi, General Manager Marketing PT Kia Mobil Indonesia (KMI), perusahaan memang belum membawanya lagi, sehingga dari awal tahun sampai pertengahan ini tidak ada aktivitas penjualan.

Baca juga: Akhirnya, Generasi Baru Kia Picanto Unjuk Diri

"Kita masih pikir-pikir, banyak faktor yang menjadi pertimbangan kita untuk menghadirkan Picanto terbaru," ucap Ridjal pekan lalu di kawasan Pluit, Jakarta Utara.

Ketika ditanyakan kepada Theodorus Prawirodihardjo, GM Sales & Network Development PT KMI, jawabannya pun serupa. Namun menurut dia, faktor utama karena permintaan pasar yang menurun serta kondisi nilai tukar mata uang.

"Pengaruh juga kepada dollar AS yang menguat terhadap rupiah, sehingga kita perlu mempertimbangkannya lagi. Tetapi bukan berarti kita tidak akan menjualnya lagi, lagi dipertimbangkan" ujar Theodorus di tempat sama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com